Header Ads

Disperindag Dorong Pengusaha Kecil Mengekspor Produknya

www.inikebumen.net KARANGANYAR - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kebumen mendorong pengusaha kecil dan menengah untuk tidak hanya menjual produknya di dalam negeri saja. Mereka juga didorong agar memperluas pasar dengan mengekspor ke luar negeri.

Disperindag Dorong Pengusaha Kecil Mengekspor Produknya
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kebumen Nugroho Tri Waluyo, secara simbolis menyerahkan tas kepada perwakilan peserta pelatihan.
Untuk memfasilitasinya, Disperindag Kebumen menyelenggarakan Pelatihan Dasar Calon Eksportir bagi para Pengusaha Kecil dan Menengah. Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Disperindag, Nugroho Tri Waluyo, dipusatkan di Hotel Candisari Karanganyar, selama lima hari. Mulau dari 24 hingga 28 Juli 2017.

Sebanyak 20 pengusaha kecil dan menengah mengikuti  acara ini. Mereka berasal dari UKM jenitri, anyaman pandan, kerajinan bambu, aksesoris jenitri, sabut selapa, batik. Selanjutnya, UKM kerajinan kayu, beras mutiara, minuman sehat kedelai hitam, gula semut, industri tas, kopi bambu, serta miniatur.

"Untuk menjadi seorang eksportir tidaklah mudah. Beberapa persyaratan dan ketentuan harus dipenuhi oleh seorang eksportir agar bisa mengakses pasar luar negeri, ujar Kepala Disperindag Kebumen, Nugroho Tri Waluyo, saat membuka pelatihan tersebut.

Nugroho berharap, melalui pelatihan tersebut, para pengusaha kecil dan menengah dapat bertambah pengetahuan dan wawasannya. Sekaligus makin termotivasi menjadi UKM Eksportir.

Pada pelatihan itu, dihadirkan enam narasumber yang berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah, PT Bank Mandiri Cabang Semarang, Forwarding Perwakilan Semarang. Kemudian, Kantor Bea Cukai Pelabuhan Cilacap, Konsultan Pemasaran Produk UKM dari PLUT Kebumen, Praktisi UKM Eksportir dari Kudus dan Bantul.

Di akhir pelatihan, para peserta akan melakukan kunjungan lapangan ke PT TIMBUL di Kasongan Bantul Yogyakarta selaku UKM Eksportir Gerabah.(*)
Powered by Blogger.