DKD Bangkitkan Kembali Kesenian Menoreng - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

DKD Bangkitkan Kembali Kesenian Menoreng

www.inikebumen.net KEBUMEN - Setelah sukses menghidupkan kembali kesenian cepetan, Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kebumen kini menargetkan kesenian tradisional menoreng yang mulai punah. Bahkan warga Kebumen sendiri banyak yang tidak mengetahui kesenian ini.

DKD Bangkitkan Kembali Kesenian Menoreng
Salah satu Adegan Jejer Negara Koparman, pada pementasan Menoreng Langen Budoyo Dukuh Sambeng Desa Seling di halaman SD Negeri Pencil Kecamatan Karangsambung.
Upaya membangkitkan kembali kesenian tradisional asli Kebumen itu dilakukan dengan cara menggelar pementasan Kesenian tersebut di halaman SD Negeri Pencil, Kecamatan Karangsambung, belum lama ini.

Pementasan Menoreng dengan lakon "Lahirnya Imam Suwongso" besutan Dalang Arjo Sumarto itu ternyata mendapat sambutan hangat masyarakat. Hal itu  dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang menyaksikan.

"Ini sebagai upaya memajukan, memelihara dan melestarikan seni dan budaya daerah," ujar Ketua Umum DKD Kebumen, Pekik Sat Siswonirmolo, Selasa (25/7/2017).

Pekik menjelaskan, pementasan itu terselenggaran atas kerjasama DKD Kebumen dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen. "Ini juga sebagai upaya DKD untuk mendokumentasikan kesenian yang hampir punah ini," imbuhnya.

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>