Festival Ketoprak di Alun-alun Kebumen Minim Peserta - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Festival Ketoprak di Alun-alun Kebumen Minim Peserta

www.inikebumen.net KEBUMEN - Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen menyelengarakan Festival Ketoprak di Alun-alun Kebumen, Kamis (27/7/2017). Sayangnya, Festival Ketoprak yang baru pertama kali itu hanya diikuti oleh 7 peserta.

Festival Ketoprak di Alun-alun Kebumen Minim Peserta
Salah satu adegan ketoprak yang ditampilkan oleh pelajar SMP pada Festival Ketoprak di Alun-alun Kebumen, Kamis (27/7/2017).
"Pesertanya cuma ada tujuh dari SMP yang ada di Kabupaten Kebumen," ujar Panitia Festival Ketoprak, Eko Haryono, Kamis (27/7/2017).

Padahal, panitia menyedikan hadiah cukup besar. Yaitu hadiah uang tunai sebesar Rp 3,5 juta untuk juara I, Rp 3 juta untuk juara II dan Rp 2,5 juta untuk juara III. Kemudian, harapan I menerima uang pembinaan sebesar Rp 2 juta, harapan II Rp 1,5 juta dan harapan III Rp 1 juta.

"Kita juga memberikan apresiasi kepada pemain terbaik putra dan putri serta sutrada terbaik dengan uang pembinaan masing-masing Rp 500 ribu," imbuh Eko Haryono.

Eko menjelaskan, acara Festival Ketoprak itu merupakan dari seksi kebudayaan bidang PAUD Dikmas dan Kebudayaan Dinas Pendidikan dalam hal pengembangan kesenian dan kebudayaan daerah. "Intinya, melalui kegiatan ini untuk mengapresiasi seni tradisi yang berkembang di Kabupaten Kebumen," ujarnya.

Lebih jauh, Eko mengatakan, setiap perwakilan sekolah diberi waktu maksimal 1,5 jam untuk mementaskan ketoprak dengan lakon yang berhubungan babad, legenda maupun sejarah tentang Kebumen. "Jadi ini juga sekaligus untuk mengenalkan cerita-cerita rakyat Kebumen maupun sejarah Kebumen kepada mereka," kata dia.

Adapun penilaian yang diberikan, diantaranya penyajian, penghayatan mupun penjiawaan hingga kostum. Sedangkan jurinya berasal dari Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen dan pemain ketoprak profesional.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>