Kampung Organik Kelurahan Kebumen Jadi Pemasok Selada - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Kampung Organik Kelurahan Kebumen Jadi Pemasok Selada

www.inikebumen.net KEBUMEN - Memanfaatkan lahan terbatas, warga Kelurahan Kebumen ternyata mampu menjadi pemasok selada ke sejumlah rumah makan. Hal itu terjadi setelah Kelurahan Kebumen meluncurkan program Kelurahan Kebumen Menuju Kampung Organik pada Maret 2017.

Kampung Organik Kelurahan Kebumen Jadi Pemasok Selada
Warga Kelurahan Kebumen, memanen perdana tanaman organik dan hidroponik di lingkungannya, Sabtu (29/7/2017).
"Sekarang sudah mulai ada manfaat ekonomi. Selain sudah ada beberapa warga yang menjadi pemasok utama selada, juga ada warga yang menjual cabe maupun bibitnya," ujar Ketua TP PKK Kelurahan Kebumen Ristiyani Dede Suntoro, pada panen perdana Kampung Organik di kelurahan setempat, Sabtu (28/7/2017)

Ristiyani Dede Suntoro, mengatakan panen perdana itu setelah program kampung organik diluncurkan pada media Maret lalu. "Bagi warga yang tinggal daerah pedesaan mungkin ini hal biasa. Tapi bagi kami ini luar biasa, karena kami hanya memanfaatkan lahan sempit," kata Ristiyani, disela-sela acara.

Lebih jauh, Ristiyani, menjelaskan program kampung organik ini mewajibkan setiap lingkungan RW yang ada di Kelurahan Kebumen wajib memiliki tanaman unggulan. Setiap RW memilih sendiri tanaman unggulan dengan catatan tidak boleh sama dengan RW lainnya.

Hasil panen dari tanaman unggulan di masing-masing RW boleh dikonsumsi sendiri oleh warga maupun dijual ke pasar. "Ya intinya hasilnya itu untuk kesejahteraan warga. Selain itu ini juga agar lingkungan kita tetap asri," ucapnya.

Karena di wilayah Kelurahan Kebumen pekarangannya sangat terbatas, maka setiap tanaman unggulan ditanam dengan media polibag. Lebih jauh, program kampung organik tersebut merupakan program dari Pokja III TP PKK setempat.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>