Header Ads

Masih Banyak Keluhan, RSUD Dr Soedirman Kebumen jadi OPD Terbaik

www.inikebumen.net KEBUMEN - Meski banyak masih keluhan terhadap layanan RSUD Dr Soedirman Kebumen, berdasarkan survei kepuasan masyarakat rumah sakit ini menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaik dalam pelayanan publik di lingkungan Pemkab Kebumen. Bahkan berdasarkan survei, tingkat kepuasan masyarakat mencapai 96,15 persen.

Masih Banyak Keluhan, RSUD Dr Soedirman Kebumen jadi OPD Terbaik
Ilustrasi
Hal itu berdasarkan rekapitulasi survei kepuasan masyarakat terhadap layanan yang telah diberikan selama tahun 2016.

Diposisi kedua, diduduki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dengan skor 71,15 disusul Dinas Kelautan dan Perikanan yang memperoleh skor 63,46. Selanjutnya, Dinas Perhubungan 47,53, dan Dinas Tenaga Kerja dan KUKM 44,34.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kebumen, Yani Giat Setyawan, menjelaskan survei yang dilakukan di masing-masing OPD itu oleh tim internal Pemkab Kebumen.

"Jadi kita belum melakukan survei secara kualitatif. Baru sebatas syarat administrasi yang harus dipenuhi dalam hal pelayaan publik," ujar Yani Giat Setyawan, Rabu (27/1/2017).

Beberapa item yang menjadi dasar penilaian dalam survei, diantaranya standar pelayanan yang dimiliki, sistem informasi, penanganan aduan, maklumat pelayanan.

"Kita sudah laksanakan selama tiga tahun ini. Tapi belum bisa melakukan secara menyeluruh karena tenaganya terbatas. Intinya kami hanya menguji dari sisi administrasinya saja," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, setiap tahunnya standar penilaiannya selalu ditingkat. Jika pada 2015 lalu, penilaian baru didasarkan pada ketersediaan dokumen pendukung. Maka pada 2016 ditingkatkan sampai tindaklanjut dari dokumen pendukung tersebut.

"Ke depannya akan kita evaluasi, akan kita libatkan pihak eksternal untuk mengetahui secara kualitatif layanannya," tegasnya.

Giat menargetkan, mulai tahun depan akan melibatkan pihak eksternal, baik Ombundsman maupun LSM yang ada di Kabupaten Kebumen. Hal itu dilakukan agar penilaian tidak hanya didasarkan pada kelengkapan administrasi saja, tetapi penialaian secara kualitatif.(*)


Powered by Blogger.