Wow, Ada Desa yang Miliki Bakal Calon Kepala Desa 9 Orang

www.inikebumen.net KEBUMEN - Tahapan awal Pilkades serentak di Kebumen terbilang sukses. Pasalnya, dari 49 desa yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi itu semuanya telah memiliki bakal calon kepala desa.

Wow, Ada Desa yang Miliki Bakal Calon Kepala Desa 9 Orang
Ilustrasi: Pilkades di Kebumen
Bahkan, di sejumlah desa ada yang memiliki bakal calon lebih dari lima orang. Padahal sesuai dengan peraturan daerah tentang pemilihan kepala desa, jumlah calon dibatasi maksimal hanya lima orang.

Menurut data Bagian Pemerintahan Setda Kebumen, terdapat enam desa memiliki bakal calon kepala desa lebih dari lima orang. Yaitu Desa Ayamputih Kecamatan Buluspesantren 9 orang bakal calon, Semanding Kecamatan Gombong sebanyak 8 orang bakal calon.

Kemudian, Desa Jatisari Kecamatan Kebumen sebanyak 8 orang, Desa Tanjungmeru dan Desa Kutowinangun Kecamatan Kutowinangun masing-masing 9 bakal calon. Serta Desa Bejiruyung Kecamatan Sempor sebanyak 8 bakal calon.

"Semuanya akan diseleksi dan panitia Pilkades akan menetapkan maksima lima calon yang dapat menjadi peserta Pilkades," ujar Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kebumen, Asep Nurdiana.

Seuai tahapan Pilkades di Kebumen, Panitia Pilkades dimasing-masing desa akan menetapkan calon pada 10-15 Agustus 2017.

Setelah itu ada masa kampanye dilakukan pada 30 Agustus sampapi 4 September 2017. Selanjutnya, pemungutan suara dan penetapan kades terpilih dilaksanakan pada 6 September 2017. Sedangkan, pelantikan kepala desa terpilih oleh Bupati Kebumen pada 30 November 2017.

Asep bersyukur dari 49 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades semuanya ada yang mendaftar menjadi bakal calon Kades. Sehingga tahapannya berjalan sesuai dengan rencana. "Alhamdulillah bisa berjalan sesuai tahapannya, saya berharap ini akan lancar sampai pelantikan," kata dia.(*)
Powered by Blogger.