Header Ads

ADD Bakal Ditambah, Desa Semakin Dimuliakan

www.inikebumen.net KEBUMEN - Adanya UU Nomor 6 tahun 2014 telah memuliakan desa. Yaitu, dengan diberikan kepercayaan untuk mengelola dana yang besar agar bisa membangun. Apalagi alokasinya setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

ADD Bakal Ditambah, Desa Semakin Dimuliakan
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, saat menyampaikan paparannya pada rakor terpadu dalam rangka percepatan tuntas akses sanitasi, pengelolaan sistim informasi desa dan pelaksanaan program unggulan Kemendes, di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Senin (31/7/217).
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, menyampaikan Alokasi Dana Desa tahun 2018 akan mencapai Rp 120 triliun atau rata-rata Rp 1,4 miliar per desa. Diperkirakan APBDes 2018 bisa mencapai Rp 2 miliar per desa.

"Angka itu sungguh besar, karena sebelum ada dana dari pusat, APBDes hanya sekitar Rp 300 juta-an. Dalam struktur APBD Kebumen, besaran dana transfer ke desa cukup besar, sekitar Rp 500-an milliar," ungkap bupati
pada acara rakor terpadu dalam rangka percepatan tuntas akses sanitasi, pengelolaan sistim informasi desa dan pelaksanaan program unggulan Kemendes, di Gedung Pertemuan Setda Kebumen, Senin (31/7/217).

Terkait prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2017, yakni untuk produk unggulan desa/kawasan, pembangunan embung, pendirian BUMDes, dan Sarana Olahraga. Menurutnya, di Kebumen sudah dilakukan sebelum ada arahan dari Menteri Desa.

Menurutnya, Peraturan Menteri Desa tentang arahan prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2017 terlambat. Sehingga Desa-desa belum mengacu sepenuhnya di APBDes murni, dan baru bisa disesuaikan pada Perubahan APBDes 2017.

"Kabar terbaru, untuk arahan penggunaan Dana Desa 2018, akan segera diterbitkan Kementerian Desa. Sehingga bisa dipedomani dalam Musrenbangdes yang segera dimulai bulan Agustus 2017," imbuhnya.(*)
Powered by Blogger.