Bakal Ada Gerhana Bulan, Malam ini PCNU Himbau Umat Muslim Kebumen Gelar Shalat Gerhana Bulan - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Bakal Ada Gerhana Bulan, Malam ini PCNU Himbau Umat Muslim Kebumen Gelar Shalat Gerhana Bulan

www.inikebumen.net KEBUMEN - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kebumen, menghimbau umat muslim di Kabupaten menggelar shalat gerhana bulan malam ini. Pasalnya, pada malam ini akan ada gerhana bulan sebagian (GBS) yang diperkirakan terjadi pada tengah malam ini hingga dini hari nanti.

Bakal Ada Gerhana Bulan, Malam ini PCNU Himbauan Umat Muslim Kebumen Gelar Shalat Gerhana Bulan
Ilustrasi
"Kita menindaklanjuti press rilis Lembaga Falakiyah PBNU, tanggal 3 Agustus 2017, kita menghimbau agar umat Islam di Kebumen menyelenggarakan shalat gerhana," ujar Katib PCNU Kebumen, Salim Wazdy, kepada inikebumen.net, Senin (7/8/2017) malam.

Bahkan, pihaknya telah menerbitkan surat edaran yang ditujukan kepada PC Lembaga, Badan Otonom, Lajnah NU Cabang Kebumen, MWCNU se Kabupaten Kebumen dan Ranting NU se Kabupaten Kebumen. Dalam edaran bernomor 622/PC/Tanf.A.I/11.29/VIII/17 tertanggal 7 Agustus 2017, perihal intruksi shalat gerhana bulan (khusuf Alqomar).

"Kita sifatnya menghimbau. Agar dimasing-masing menyelenggarakan shalat gerhana di lingkungannya," imbuhnya.

Salim Wazdy, menambahkan berdasarkan press rilis Lembaga Falakiyah PBNU, gerhana bulan sebagian akan terjadi pada malam Selasa, bertepatan 15 Dzul'qodah 1438 H, atau 7-8 Agustus 2017. Adapun fasenya, awal penumbra diprediksi terjadi pada pukul 22.50 WIB (7 Agustus 2017), awal gerhana bulan sebagian terjadi pukul 00.22 WIB (8 Agustus 2017). Kemudian, pertengahan gerhana bulan sebagian pada pukul 01.20 dini hari, akhir gerhana bulan sebagian pukul 02.18 dini hari. Serta akhir penumbra terjadi pada pukul 03.51 dini hari.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>