DPRD Soroti Proyeksi Pendapatan Daerah pada Perubahan APBD 2017

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sejumlah Fraksi di DPRD Kebumen mempertanyakan adanya penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kebumen dari sektor retribusi yang mencapai Rp 4,5 Miliar lebih. Fraksi Partai Gerindra melalui juru bicarany, Bambang Paryono dan Fraksi PKB melalui juru bicaranya, Jenu Arifiadi, menyatakan apresiasi kepada Bupati dan jajarannya terkait kenaikan PAD Kabupaten Kebumen. Namun pihaknya juga mempertanyakan turunnya penerimaan dari komponen retribusi daerah. Fraksi lain yang juga menyoroti hal ini yakni Fraksi Partai NasDem.

 DPRD Soroti Proyeksi Pendapatan Daerah pada Perubahan APBD 2017
Suasana rapat paripurna DPRD Kebumen.
"Fraksi Partai NasDem meminta penjelasan terkait menurunnya PAD pada retribusi daerah yang mengalami penurunan cukup signifikan yaitu 14,63 persen atau sebesar Rp 4,522 miliar lebih," kata juru bicara Fraksi Nasdem, Qoriah Dwi Puspa, saat membacakan Pemandangan Umum Fraksinya.

Dalam Nota Keuangan pengantar Raperda tentang Perubahan APBD tahun anggaran 2017 yang disampaikan Wakil Bupati Yazid Mahfud Jumat (18/8/2017) lalu, PAD Kabupaten Kebumen diproyeksi naik hampir 7 persen. Kenaikan ini berasal dari 4 komponen penerimaan yaitu pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kebumen Senin (21/8/2017) pagi digelar dengan agenda Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi terhadap Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2017.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Cipto Waluyo didampingi para wakil ketua Bagus Setiyawan dan Miftahul Ulum. Hadir Wakil Bupati Yazid Mahfudz.

Kedelapan Fraksi di DPRD Kabupaten Kebumen menyampaikan Pemandangan Umum melalui juru bicara masing-masing dengan urutan pertama oleh Restu Gunawan dari Fraksi Partai Golkar. Dilanjutkan Fraksi PDI Perjuangan dengan juru bicara Fitria Handini, Fraksi Partai Demokrat oleh Akhmad Khaeromi, Fraksi PAN oleh Suhartono, Fraksi Partai Nasdem oleh Qoriah Dwi Puspa.

Fraksi Keadilan Nurani dengan juru bicara Herni Ning Susanti, Fraksi Partai Gerindra Bambang Paryono, dan Fraksi PKB dengan juru bicara Jenu Arifiadi.(*)
Powered by Blogger.