Kekeringan Makin Parah, Kebutuhan Air Bersih 59 Desa Dipasok BPBD

www.inikebumen.net KEBUMEN - Kekeringan yang melanda wilayah Kabupaten Kebumen terus meluas. Hingga Selasa (29/8/2017) sudah ada 59 desa di 13 kecamatan terpaksa harus menggantungkan kebutuhan air bersihnya dari bantuan Pemkab Kebumen. Hal ini lantaran sumber mata air yang ada sudah mengering.

 Kekeringan Makin Parah, Kebutuhan Air Bersih 59 Desa Dipasok BPBD
Relawan BPBD Kebumen menyalurkan bantuan air bersih ke desa-desa yang mengalami kekeringan.
"Permintaan dan droping yang kita lakukan memang bertambah. Ini arena desa yang terdampak kekeringan di Kabupaten Kebumen bertambah," ujar Kepala Seksi Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, Basori.

Basori menjelaskan, jadwal droping akan terus berkembang baik jumlah desa maupun jumlah tangki. Sesuai dengan perkembangan musim kemarau yang semakin lama semakin berkurang stok air bersihnya.

Ia mengungkapkan, mulai pekan ini desa yang sudah dibantu air bersih oleh BPBD Kebumen sebanyak 59 desa di 13 kecamatan. Sedangkan jumlah air yang sudah didistribusikan sebanyak 374 tangki, dengan satu tangki berisi 5.000 liter air.

"Armada mobil tangki yang digunakan untuk melayani droping air bersih saat ini sebanyak 6 tangki," imbuhnya.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, sedikitnya 65.730 jiwa dari 18.818 KK kekurangan air bersih. Jumlah tersebut tersebut berada di 96 desa yang tersebar di 15 kecamatan.(*)
Powered by Blogger.