Mba'yu Sarinem Digenjot, PDAM Targetkan 16 Ribu Pelanggan Bayar Tagihan Sebelum Tanggal Enam

www.inikebumen.net KEBUMEN - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bumi Sentosa Kebumen, menargetkan minimal 16 ribu pelanggan rutin membayar tagihan air sebelum tanggal 6 setiap bulannya pada 2018 mendatang. PDAM meyakini target tersebut dapat tercapai berkat inovasi Mba'yu Sarinem atau Mbayar Banyu Sekdurunge Tanggal Enem.


Mba'yu Sarinem Digenjot, PDAM Targetkan 16 Ribu Pelanggan Bayar Tagihan Sebelum Tanggal Enam
Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, Zein Musta'in (kanan) menyerahkan alat kerja kepada anak buahnya.
"Kita sangat optimis ini dapat tercapai. Karena sejak tahun 2016 kami sudah mengaplikasikan Mba'yu Sarinem dan hasilnya cukup memuaskan," ujar Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, Zein Musta'in, kepada inikebumen.net, Minggu (20/8/2017).

Zein Musta'in, mengungkapkan pada periode pertama diterapkan Mba'yu Sarinem Juli-Desember 2016 pelanggan yang terjaring sebanyak 3.300 pelanggan membayar tagihan penggunaan air sebelum tanggal 6. Kemudian meningkat pada periode kedua Januari-Juli 2017 menjadi 9.800 pelanggan. "Inovasi ini memang cukup efektif, nyatanya kenaikannya cukup siginifikan," imbuhnya.

PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen memberikan penghargaan khusus kepada pelanggannya yang rutin membayar tagihan sebelum tanggal 6. Yaitu, dengan mengikutkan pada program undian berhadiah, mulai dari kulkas, TV LED, LCD, dan aneka doorprize menarik lainnya.

Sementara itu, realisasi pendapatan PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen hingga smester pertama tahun 2017, telah mencapai Rp 9,5 miliar lebih. Sayangnya, realisasi tersebut masih dibawah target Rp 10 miliar. "Baru 95 persen," ucapnya.

Zein beralasan, belum tercapainya target tersebut karena rata-rata pemakaian air oleh masyarakat Kebumen masih di bawah 17,2 meter kubik perbulan dari target 18 meter kubik perbulan.

Meski demikian, laba yang diperoleh PDAM telah melampaui dari target yaitu 122 persen dari target. Hingga Juni 2017 telah tercapai Rp 106,4 juta.

Sedangkan, jumlah pelanggan PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, hingga Juli 2017 sebanyak 24.332 atau ada penambahan sebanyak 429 pelanggan di tahun 2017.(*)
Powered by Blogger.