Pendopo Bupati Kebumen Bakal Diubah jadi Tertutup

www.inikebumen.net KEBUMEN - Rehab Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, yang mulai dikerjakan nantinya akan merubah dari pendopo terbuka menjadi pendopo tertutup.

Pendopo Bupati Kebumen Bakal Dirubah jadi Tertutup
Pekerja proyek membongkar atap Pendopo Bupati Kebumen.
Pengerjaan proyek ini menelan anggaran Rp 1,46 miliar lebih yang bersumber dari APBD Kebumen 2017. CV Karya Cemerlang menjadi penyedia jasa yang mengerjakan proyek tersebut. Dengan konsultan perencana CV Citra Asri Desigen dan konsultan pengawasa CV Prambanan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Kebumen Slamet Mustolkhah, belum lama ini menyampaikan, rehab Pendopo Bupati dilakukan karena atap pendopo sudah rapuh. Sehingga disaat hujan turun sering terjadi bocor.

Dia menegaskan, rehab yang akan dilakukan tidak merubah bangunan dan tidak merusak citra yang sudah berkembang. Namun, lebih peningkatan kualitas bangunan sehingga lebih nyaman dan estetis.

Adapun konsepnya, yaitu penambahan lapisan galvalum diatas usuk. Kemudian penggantian genteng lama dengan genteng kodok glazur. Sehingga memberikan kesan berbeda pada atap sebagai mahkota bangunan.

Selanjutnya, pemasangan kombinasi kaca patri pada bukaan. Sehingga masih tetap memberikan kesan terbuka terhadap masyarakat. Kemudian pemasangan ornamen atau lapisan kayu jati finish melamin pada kolom maupun balok struktur dibagian atas.

Sehingga memberikan kesan sentuhan estetika tersendiri. Ini juga ada korelasi dengan tumpang sari yang merupakan center point pada interior pendopo. "Itu nantinya jadi pendopo tertutup supaya ada pendingin udaranya," ujarnya.

Slamet menambahkan, rehab itu dilakukan hanya untuk pendoponya saja. Sedangkan rumah dinas bupati tetap tidak ada perubahan.(*)

Powered by Blogger.