Perubahan Hari Jadi Kabupaten Kebumen Segera Diusulkan ke DPRD

www.inikebumen.net KEBUMEN - Rencana merevisi Hari Jadi Kabupaten Kebumen telah memasuki tahap Focus Group Discussion (FGD) yang terakhir. Pada FGD terakhir di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Bupati Kebumen, Selasa (1/8/2017), guna bahan penyusunan Naskah Akademik (NA). Sebagai lampiran pada draft raperda perubahan Hari Jadi Kabupaten Kebumen yang akan disampaikan ke DPRD untuk membahasnya.

Perubahan Hari Jadi Kabupaten Kebumen Segera Diusulkan ke DPRD
Peneliti Pusat Studi Kebudayaan UGM, Danang Indra Prayuda, saat menyampaikan paparannya pada FGD yang digelar di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Bupati Kebumen, Selasa (1/8/2017).
Peneliti Pusat Studi Kebudayaan UGM, Danang Indra Prayuda, mengatakan pihaknya telah menyelesaikan penelitian terkait Hari Jadi Kabupaten Kebumen. "Saat ini kewenangannya ada di Pemkab Kebumen," kata Danang Indra Prayuda.

Kabag Pemerintahan Setda Kebumen, Asep Nurdiana, menjelaskan setelah penyusunan NA Pemkab Kebumen akan mengusulkan agar Raperda tentang perubahan Hari Jadi dapat dibahas pada masa sidang terakhir tahun ini. "Kita harapkan bisa selesai tahun ini," ujar Asep.

Namun, kalau ternyata belum dapat dibahas tahun ini, maka peringatah Hari Jadi Kabupaten Kebumen akan tetap dilaksanakan pada 1 Januari. "Kita berharap ada komunikasi politik antara bupati dengan DPRD agar bisa dibahas di akhir tahun ini," imbuhnya.

FGD yang dimoderatori oleh Asisten 1 Sekda Sabar Irianto, menghadirkan pembicara dari Pusat Studi Kebudayaan  UGM Yogyakarta. Selain itu hadir para budayawan, pemerhati sejarah Kebumen, akademisi, tokoh masyarakat, hingga tokoh pemuda. Tampak Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Pekik Sat Siswonirmolo.(*)
Powered by Blogger.