Sebelum Jadi Kafe, Beranda Eatery Dulunya Rumah Milik dr Soedirman

www.inikebumen.net KEBUMEN - Beranda Eatery, sebuah kafe kelas premium yang buka belum lama ini ternyata bangunannya merupakan bekas rumah milik dr Soedirman. Seorang dokter pertama asal Kabupaten Kebumen, yang saat ini diabadikan menjadi nama RSUD dr Soedirman.

 Sebelum Jadi Kafe, Beranda Eatery Dulunya Rumah Milik dr Soedirman
Pengunjung beranda asyik bercengkrama di kafe kelas premium di Kebumen
Owner Beranda Eatery, Lily Wijayanti, mengatakan meski telah berubah menjadi kafe, pihaknya tidak merubah bentuk aslinya. Bahkan pada beberapa sudut rumah yang mulai rusak diperbaiki.

"Kami hanya memperbaiki dan mengecat ulang saja. Selebihnya, bentuk aslinya tetap seperti itu," ujar Lily, Minggu (27/8/2017).

Lily beralasan, dengan tidak merubah bentuk bangunan itu agar bangunan berarsitektur Belanda itu tetap terjaga. Sehingga jejak-jejak sejarah di Kebumen pun tidak rusak.

"Bagaimanapun ini kan ada nilai sejarahnya. Jadi biar banyak juga orang yang peduli dengan tempat-tempat seperti ini," imbuhnya.

Sementara itu, mengusung tema klasik homey, kafe kelas premium Beranda Eatery hadir menjadi tempat alternatif nongkrong dengan suasana yang benar-benar baru dan eksklusif di Kebumen. Kafe yang terletak di Jalan Pemuda Nomor 87 Kebumen (sebelah 3D Studio Kebumen), menyuguhkan menu-menu modern racikan Chef Ernest Christoga, yang merupakan salah satu chef yang diperhitungkan di Indonesia.

Dari varian menu dan olahan minuman yang disajikan di Beranda Eatery, Nasi Gila dan Thai Tea menjadi menu favorit para pelanggan di Beranda Eatery dua hari terakhir. Nasi Gila yang masuk kategori Indonesian Food ini merupakan hasil karya chef Beranda dengan memanfaatkan olahan dari berbagai bahan makanan berkualitas yang menyehatkan. Makanan yang disajikan dengan plating yang sangat instagramable ini bisa didapatkan dengan harga Rp 24.000.

Sedangkan Thai Tea dengan wangi teh yang khas dan rasa susu yang unik menghasilkan sensasi segar saat diminum. Thai Tea sendiri dibanderol Rp 18.000 per gelasnya.

Tidak hanya produk yang menjadi daya tarik dari Beranda, namun juga suasana dan interior design yang sangat estetis. Hal itu terlihat dari banyaknya pengunjung yang asyik berselfie di seluruh sudut ruangan Beranda.

Untuk menu Western, misalnya ada cripsy chicken steak, chicken snizel, sausage, black burger. Kemudian, menu Indonesia diantaranya ada menu nasi gila, ayam sambal matah, cumi masak kecap. sop iga emping, hingga iga bakar.

Kafe kelas premium ini juga tetap menyediakan menu lokal, yakni mendoan. Kemudian ada french fries/wedges, chicken wings, tahu cripsy, fries bolognese, dan beranda platter. Selain itu, juga terdapat pilihan pasta. Mulai dari bolognese, carbonara, aglio olio, pene baked, afredo pop.

Khusus bagi pecinta kopi, di tempat ini dapat merasakan kopi dari Gayo, Jambi, Jawa Barat, Bali, Sumatera dan Papua. Yang diproses dengan berbagai pilihan manual brewing seperti Pour Over, Aero Press, Chemex, Vietnam Drip. Yang pasti, rasa dan aroma kopi ala barista kelas nasional juga dapat didapatkan di Beranda Eatery.(adv)
Powered by Blogger.