Senima Multitalenta Bambang Budiyono, Ciptakan Seni Tradisi Ketopyang - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Senima Multitalenta Bambang Budiyono, Ciptakan Seni Tradisi Ketopyang

www.inikebumen.net AYAH - Seniman multi talenta sangat cocok disematkan kepada pria 60 ini. Meski profesi utamanya sebagai dalang wayang, namun Bambang Budiyono mampu memerankan hampir semua kesenian tradisional.

Senima Multitalenta Bambang Budiyono, Ciptakan Seni Tradisi Ketopyang
Bambang Budiyono
Pria humoris ini juga memiliki kemampuan memainkan seluruh instrumen alat musik tradisional, khususnya gending. Tak heran, dia sering didapuk untuk sekedar memberikan pelatihan 'nggending' maupun menjadi pengrawit untuk mengiringi berbagai acara kesenian. Bapak empat anak ini, mengaku menyukai terhadap seni tradisional sejak masa kanak-kanak.

Bambang Budiyono mandiri menjadi dalang sejak duduk dibangku kelas lima SD. Saat itu, dia merupakan dalang cilik yang sangat diperhitungkan. Bukan hanya mendalang di wilayah Kabupaten Kebumen, tapi sepak terjangnya telah sampai ke Jambi dan sejumlah kota lain di Sumetra maupun Kalimantan.

Bakat seninya yang terasah sejak kecil membuat pria asal Desa Jatijajar Kecamatan Ayah ini mampu berimprovisasi dalam berkesenian. Bersama Kakak dan adiknya, dia menciptakan seni Ketopyang. Yakni kesenian gabungan dari ketoprak dan wayang, atau disingkat Ketopyang.

Seni Ketopyang ini merupakan kesenian yang membawa cerita ketoprak, namun ditampilkan dengan wayang. "Tokoh-tokohnya ya tokoh ketoprak seperti Anglingdarma, Minakjinggo, Damarwulan dan lain-lain yang kita buatkan wayangnya dan ditampilkan seperti wayang," tuturnya.

Bambang mengaku, tokoh-tokoh dalam ketopyang dia desain dan dibuatnya sendiri bersama kedua saudaranya. Namun sayang, sejak sang Kakak meninggal, seni Ketopyang ini kurang mendapat perhatian. Selain wayang, Bambang Budiyono juga mahir 'ngetoprak', mentiet, jemblung, dan kesenian tradisional lainnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>