900 Nelayan Kebumen Telah Terima Sertifikat Tanah SeHAT

www.inikebumen.net KEBUMEN - Pemkab Kebumen telah memfasilitasi program Serifikasi Hak Atas Tanah (SeHAT) kepada masyarakat nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan. Hingga 2016 lalu, program SeHAT di Kabupaten Kebumen telah terealisir 750 sertifikat untuk nelayan. Serta 150 sertifikat untuk program SeHAT pembudidaya ikan.

900 Nelayan Kebumen Telah Terima Sertifikat Tanah SeHAT

Nelayan penerima program SeHAT saat mengikuti pembinaan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen.
Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen, Sri Pambudi, mengatakan program SeHAT nelayan merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Program ini bertujuan untuk memberikan status hukum atas tanah nelayan supaya ke depannya dapat digunakan untuk memudahkan nelayan mendapat akses permodalan.

"Antara lain untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah nelayan, meningkatkan akses permodalan. Juga meningkatkan kepercayaan bank untuk menyalurkan kredit kepada nelayan," kata Sri Pambudi, di ruang kerjanya, Kamis (13/9/2017).

Pada 2017 mendatang, nelayan yang akan menerima bantuan program SeHAT nelayan sebanyak 150 orang. Sedangkan untuk pembudidaya ikan sebanyakk 50 orang.

"Tahun ini kita masih pra program, kita lakukan identifikasi. Kemudian tahun depan penerbitan sertifikat, dilanjutkan pasca program dengan melakukan pembinaan kapasitas pada tahun berikutnya," terang Sri Pambudi.

Pada Selasa (12/9), Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen melakukan pembinaan pasca program SeHAT nelayan. Pembinaan tersebut diikuti 34 nelayan Desa Tanggulangin dan Pandanlor Kecamatan Klirong, Jintung, Pasir dan Desa Srati Kecamatan Ayah. Peserta kegiatan tersebut merupakan penerima program SeHAT tahun 2016.

"Kegiatan pembinaan pasca program SeHAT merupakan tahap ketiga setelah sebelumnya melalui tahap Pra SeHAT dan tahap pelaksanaan SeHAT," imbuhnya.

Menurutnya, tahap pasca SeHAT ini dilakukan fasilitasi dan pendamping bagi penerima program. Yang dimaksudkan untuk pengembangan kapasitas nelayan dan usaha penangkapan ikan skala Kecil.

Ia menambahkan, selain program SeHAT nelayan, beberapa program dari Kementerian Kelautan Perikanan terkait kesejahteraan nelayan. Antara lain pemberian kartu nelayan, asuransi nelayan, pembangunan rumah tidak layak huni, dan sambungan listrik murah.(*)
Powered by Blogger.