Dikira Jimat, Ternyata Potongan Jempol Manusia Tergeletak di Makam Syekh Baribin - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Dikira Jimat, Ternyata Potongan Jempol Manusia Tergeletak di Makam Syekh Baribin

www.inikebumen.net KEBUMEN - Jempol tangan manusia yang sudah diawetkan ditemukan di sekitar makam keramat Syekh Baribin di Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar.

Dikira Jimat, Ternyata Potongan Jempol Manusia Tergeletak di Makam Syekh Baribin
Petugas Inafis Polres Kebumen mengidentifikasi potongan jempol manusia yang ditemukan di Makam Keramat Syekh Baribin di Desa Grenggeng, Kecamatan Karanganyar.
Kapolsek Karanganyar AKP Mawakhir, menjelaskan potongan tubuh manusia itu ditemukan pertama kali oleh warga setempat bernama Madsukarto (60), Jumat (15/9/2017) sekitar pukul 06.30 WIB. Namun, baru dilaporkan ke polisi pada Sabtu (16/9/2017).

"Kami (Polsek Karanganyar) bersama dengan Inafis Polres Kebumen mendatangi lokasi penemuan jempol itu," ujar AKP Mawakhir, di lokasi kejadian, Sabtu (16/9/2017).

Peristiwa itupun menggemparkan warga setempat. Mereka berbondong-bondong ke TKP untuk melihat potongan jempol manusia yang tidak wajar itu.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Willy Budiyanto, menjelaskan jempol tersebut sempat menginap semalam di rumah juru kunci makam, Mbah Ramelan (69), yang tinggal tak jauh dari TKP.

"Dari hasil penelusuran, Jempol itu pertama kali ditemukan oleh warga bernama Madsukarto, saat akan membetulkan selang air di kawasan makam. Pak Madsukarto ini menemukan benda mirip jimat yang dibungkus kain merah dan plastik bening," terang mantan Kasat Reskrim Polres Kebumen ini.

Menurut Willy, benda mirip jimat itu tergeletak di tanah. Ternyata saat dibuka, isinya potongan jempol manusia. "Setelah itu, jempolnya dikasihkan juru kunci makam," ucapnya.

Dari identifikasi Inafis Polres Kebumen, jempol tersebut masih terlihat segar. Namun sudah dalam keadaan keras.
"Kemungkinan memang sengaja diawetkan oleh orang yang membungkusnya," imbuhnya.

Willy menegaskan, kasus ini masih dalam penyelidikan Polres Kebumen. "Nanti akan kita lakukan pendalaman melalui sidik jarinya," imbuhnya lagi.

Saat ini Jempol tersebut dibawa ke Polres Kebumen untuk dilakukan Identifikasi, untuk mengungkap identitas korban. "Ya, kita akan melakukan penyelidikan untuk menjawab teka-teki potongan jempol ini," kata Willy.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>