Ketika Pimpinan DPRD Kebumen "Diinterogasi" Siswa SD

www.inikebumen.net KEBUMEN- Sejumlah pertanyaan kritis terlontar dari siswa SD Muhammadiyah 1 Karanganyar kepada Pimpinan DPRD Kebumen. Sesi tanya jawab acara kunjungan edukasi Senin (25/9/2017) pagi diisi dengan tema "berat". Pertanyaan yang dilontarkan siswa kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 SD itu antara lain soal kemiskinan, kinerja dewan, hingga solusi masalah kemiskinan.

Ketika Pimpinan DPRD Kebumen "Diinterogasi" Siswa SD
Pelajar SD Muhammadiyah 1 Karanganyar, saat melontarkan pertanyaan pada acara kunjungan edukasi di Ruang Paripurna DPRD Kebumen, Senin (25/9/2017)
"Apa saja masalah perekonomian di Kebumen dan bagaimana caranya agar masyarakat Kebumen bisa sejahtera," tanya Raisa, seorang siswi kelas 4 kepada Wakil Ketua DPRD Kebumen, Bagus Setiyawan, yang disambut tepuk tangan peserta kunjungan.

Menanggapi pertanyaan ini, Bagus menerangkan dalam bahasa yang mudah dipahami anak-anak. Masalah perekonomian di Kebumen ini ada banyak, dan agar masyarakat bisa sejahtera kita semua bisa ikut memulainya dengan cara membeli barang-barang yang dijual orang Kebumen.

"Misal kalau ayah ibu beli buah, pilih yang dari petani lokal," jawab Bagus yang mewakili DPRD menerima kunjungan edukasi.

"Bagaimana perasaan bapak menjadi anggota DPR (DPRD, red)?" tanya Hamam yang juga siswa kelas 4.

Pertanyaan yang mengundang tawa peserta ini dijawab Bagus bahwa ia bangga menjadi anggota dan pimpinan DPRD. Namun, lanjut Bagus, dibalik kebanggan itu juga terdapat tanggungjawab yang amat berat namun mulia. Bagus memotivasi para siswa, apapun cita-cita yang mereka ingin raih, yang harus diutamakan adalah rajin belajar dan kepatuhan kepada guru dan orang tua.

"Cita-cita yang kalian miliki itu bisa terwujud dengan cara fokus dan rajin belajar, juga patuh pada guru dan orang tua," ucapnya.

Ditemui usai acara, Bagus Setiyawan mengungkapkan DPRD Kabupaten Kebumen memiliki program DPRD Sahabat Anak yang terbuka untuk acara kunjungan edukasi. Baik dari Sekolah Dasar, SMP, SMP, maupun Perguruan Tinggi.

Menurutnya, kunjungan semacam ini bisa menjadi pendidikan politik dini bagi para siswa. Acara ditutup dengan pemberian cinderamata dari SD Muhammadiyah 1 Karanganyar kepada DPRD dilanjutkan dengan foto bersama.(*)
Powered by Blogger.