Mensos Salurkan Bantuan Sosial PKH Non Tunai di Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, menyerahkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Non Tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kabupaten Kebumen. Penyerahan simbolis dilakukan di Gedung Juang 45 Kebumen, Sabtu (23/9/2017). Tak hanya itu, Menteri Sosial juga memberikan santunan dan beasiswa kepada 11 anak berprestasi yang berasal dari keluarga PKH.

Mensos Salurkan Bantuan Sosial PKH Non Tunai di Kebumen
Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, saat berdialog dengan penerima bantuan sosial di Gedung Juang 45 Kebumen, Sabtu (24/9/2017).
Pada tahun 2017 di Kabupaten Kebumen, ada 48.064 KPM menerima bantuan sosial PKH Non Tunai. Selama setahun bantuan mencapai Rp 90,08 miliar, yang dibagikan dalam empat tahap. Setiap KPM menerima bantuan sebesar Rp 1.890.000. Pada tahap keempat kemarin, Mensos menyerahkan bantuan tersebut kepada 500 KPM di Kabupaten Kebumen.

Khofifah menegaskan, bantuan tersebut diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) agar bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Termasuk untuk membiayai kebutuhan anak sekolah di keluarga kurang mampu itu.

Khofifah meminta kepada penerima bantuan yang bisa dicairkan melalui bank pemerintah itu, agar digunakan dengan bijak dan tepat sasaran sesuai program Kemensos. Selain itu, keluarga muda menerima non tunai setahun untuk konsumsi bahan makanan peningkatan gizi anak dan kebutuhan sekolah serta non biaya pendidikan.

"Nanti kalau uangnya sudah dicairkan, jangan digunakan untuk membeli barang atau kebutuhan konsumtif lain, karena bantuan ini untuk kepentingan sekolah," pinta Khofifah.

Khofifah menjelaskan, sistem penyaluran bantuan dana PKH tahun 2017  yakni setiap keluarga penerima bantuan menjadi nasabah sebuah bank milik BUMN. Mereka mendapat buku tabungan dan kartu debet. Karena itu, jenis bantuan disebut bantuan non tunai. Model penyaluran semacam itu mengurangi antrean pengambilan karena bisa diambil di outlet bank.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Hary Hikmat, menambahkan tahun 2018 mendatang jumlah keluarga peserta Program Keluarga Harapan asal Kabupaten Kebumen bakal bertambah 20.951 keluarga. Sehingga menjadi 69.015 keluarga penerima bantuan dana non tunai PKH. "Termasuk mulai Januari 2018, Kabupaten Kebumen juga akan mulai menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, menyampaikan Pemkab Kebumen tengah mengembangkan program dalam pengentasan kemiskinan di daerahnya. Program yang sudah dikerjakan adalah membangun 6000 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan program pengobatan gratis.

Hadir pada acara kunjungan Menteri Sosial itu, Anggota DPR RI Romahurmuziy, pejabat eselon I dan II Kementerian Sosial, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad. Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, Dandim 0709 Letkol Kav Suep, serta sejumlah pejabat lainnya di jajaran Pemkab Kebumen.(*)
Powered by Blogger.