Nelayan Pesisir Selatan Kebumen Mulai Panen Ubur-ubur

www.inikebumen.net AYAH - Nelayan di pesisir selatan Kecamatan Ayah, khususnya di wilayah Desa Pasir, Srati, Karangduwur, hingga Argopeni mulai panen ubur-ubur. Ubur-ubur itu mulai bermunculan di perairan selatan sejak dua minggu terakhir.

Nelayan Pesisir Selatan Kebumen Mulai Panen Ubur-ubur
Nelayan Ayah mengolah ubur-ubur sebelum diekspor
Dalam sehari, di TPI Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, binatang laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa, rata-rata didaratkan 100 ton ubur-ubur dengan harga jual antara Rp 800 hingga Rp 1.000 per kilogram.

Salah satu nelayan setempat Parilan (42), mengatakan hampir di sepanjang perairan selatan Ayah saat ini dipenuhi ubur-ubur. Saking banyaknya untuk menangkapnya juga tak perlu hingga ke tengah laut. "Ini karena lagi banyak, jadi nyarinya tidak perlu jauh-jauh sudah dapat," ujar Parilan.

Menurut dia, dalam sekali melaut nelayan bisa mendapatkan minimal satu ton ubur-ubur. Bahkan, ada nelayan yang mampu mendapatkan tiga ton. "Alhamdulillah memang lagi banyak," ucapnya.

Dia mengaku,  ubur-ubur hasil tangkapan nelayan selanjutnya dijual kepada para pengepul yang ada di TPI setempat. Setelah ditimbang, ubur-ubur ditampung di dalam bak penampungan darurat milik para pengepul sebelum dijual kepada eksportir.(*)

Powered by Blogger.