Pertama di Jateng, Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Warga Non Peserta JKN - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Pertama di Jateng, Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Warga Non Peserta JKN

www.inikebumen.net PEJAGOAN - Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, resmi meluncurkan program inovasi pelayanan kesehatan. Yakni berupa program layanan kesehatan gratis bagi warga yang belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Peluncuran itu dilakukan di Puskesmas Pejagoan, Rabu (27/9/2017).

Pertama di Jateng, Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Warga Non Peserta JKN
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, meninjau Puskesmas Pejagoan usau meluncurkan program layanan kesehatan non JKN KIS di Puskesmas Pejagoan, Rabu (27/9/2017).
Untuk mendapatkan pelayanan ini sangat mudah, yakni hanya dengan menunjukan KTP dan Kartu Keluarga (KK) Kebumen, masyarakat yang belum terlayani program nasional JKN-KIS maupun program asuransi lain bisa menikmati layanan kesehatan gratis.

Bupati Mohammad Yahya Fuad, mengatakan program ini menyasar 350 ribu warga Kabupaten Kebumen yang belum terlayani program asuransi kesehatan. Sehingga dengan layanan ini diharapkan masyarakat yang belum terlindungi asuransi kesehatan akan merasakan maanfaatnya. "Program ini menyasar warga Kebumen yang belum mendapat layanan asuransi," ujar Mohammad Yahya Fuad.

Bupati menyampaikan, program layanan kesehatan cuma-cuma ini dilayani di 10 Puskesmas rawat inap dan 2 rumah sakit milik Pemkab Kebumen. Meliputi  Puskesmas Rawat Inap Ayah I, Gombong I, Karanganyar, Karangsambung, Petanahan, Pejagoan, Kutowinangun, Mirit, Ambal I dan Alian. Sedangkan, rumah sakit rujukan untuk program ini, RSUD dr Soedirman Kebumen dan RSUD Prembun.

Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, Rini Kristiani, menambahkan program layanan kesehatan gratis bagi masyarakat non peserta JKN-KIS merupakan yang pertama di Jawa Tengah. Program ini didanai dengan anggaran yang bersumber dari APBD sebesar Rp 4 miliar.

Menurutnya, program ini meliputi layanan rawat inap, rawat jalan, layanan kelahiran di puskesmas dan layanan rujukan ke rumah sakit. Dengan hanya menunjukan KTP dan Kartu Keluarga (KK) domisili Kebumen, masyarakat bisa menikmati layanan kesehatan gratis ini.

Hadir pada acara peluncuran itu, Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, Plt Sekda Mahmud Fauzi, Kepala Dinkes Kebumen Rini Kristiani dan sejumlah pejabat lainnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>