Puslabfor Polri Teliti Abu Sisa Kebakaran Pasar Wonokriyo Gombong

www.inikebumen.net GOMBONG – Pusat Laboratorium Forensik (Labfor) Polri Cabang Semarang, mengambil sampel instalasi kabel listrik, seng dan abu sisa kebakaran di Pasar Wonokriyo Gombong. Bersama Tim Inafis Polda Jateng, sejumlah barang bukti tersebut dibawa untuk diteliti di laboratorium.

 Puslabfor Polri Teliti Abu Sisa Kebakaran Pasar Wonokriyo Gombong
Lokasi kebakaran di Pasar Wonokriyo Gombong dipasangi garis polisi.
Puslabfor Polri Cabang Semarang dan Tim Inafis Polda Jateng, melakukan investigasi penyebab kebakaran di Pasar Wonokriyo Gombong, Jumat (8/9/2017) sore.

Investigasi Puslabfor dipimpin oleh Kasubbid Puskomfor Polri AKPB Teguh Prihmono. Sedangkan Tim Inafis Polda Jateng dipimpin oleh Kasi Identifikasi Polda Jatang, Kompol Sukamdi.

Investigasi yang dilakukan mulai pukul 15.00 hingga 17.00 WIB itu tim ini menyisir sejumlah lokasi termasuk meneliti yang diduga menjadi titik awal api kebakaran.

Teguh Prihmono, menjelaskan pihaknya melakukan investigasi dengan cara membaca rambatan api, untuk bisa menemukan sumber api yang pertama kali terbakar. Melalui cara ini alat bukti elektrik bisa ditemukan.

Tim Puslabfor menemukan di atap kios berbahan seng terdapat empat lubang kecil yang digunakan untuk jalur kabel. Yang diduga adanya hubungan arus pendek karena kulit kabel bisa terkelupas akibat gesekan seng dan kabel.

"Tetapi tidak bisa secepat itu menyimpulkan kita harus menunggu hasil pemeriksaan labotatorium," terang Teguh Prihmono.

Ia menambahkan, ada tiga unsur yang bisa menyebabkan kebakaran. Yaitu oksigen, barang mudah terbakar dan sumber panas. "Dari sinilah akan diteliti lebih lanjut dengan menggunakan alat bukti itu, kita akan memeriksa di laboratorium forensik," imbuhnya.(*)
Powered by Blogger.