Rayakan Idul Adha, Warga Kedungwringin Gelar Slametan Beralas Daun Jati

www.inikebumen.net SEMPOR - Warga Desa Kedungwringin, Kecamatan Sempor, memiliki tradisi menggelar acara selamatan dalam bahasa setempat slametan, setiap selesai shalat idul adha. Seperti yang dilakukan pada perayaan hari raya kurban, Jumat (1/9/2017).

Rayakan Idul Adha, Warga Kedungwringin Gelar Slametan Beralas Daun Jati
Warga Desa Kedungwringin, Kecamatan Sempor, menata nasi dan lauk pauknya diatas daun jati pada acara slametan Idul Adha, Jumat (1/9/2017) pagi.
Menurut penuturan warga setempat, tradisi ini sudah dilakukan turun temurun. Warga mengaku tidak mengetahui sejak kapan tradisi tersebut dimulai. Acara slametan di desa tersebut sangat sederhana, yakni hanya makan bersamam seperti layaknya acara kenduren di tempat lainnya.

Hanya saja, di tempat ini alas yang digunakan haru menggunakan daun jati. "Disini tradisinya harus pakai daun jati," ujar Tursimin, salah satu warga setempat, yang ikut juga dalam acara slametan tersebut.

Turimin, menuturkan acara slametan digelar setelah selesai shalat idul adha di masjid desa setempat. Hal itu dilakukan sebagai penanda hari pertama makan bebas setelah dua hari menjalankan puasa sunah.

"Intinya itu untuk mengguyubkan sesama warga sini. Apalagi banyak warga perantauan yang pulang juga," imbuhnya.

Tak hanya warga laki-laki saja, acara slametan itu juga diikuti oleh kaum hawa. Dari anak-anak hingga lansia. Acara dilakukan sebelum penyembelihan hewan kurban.

Warga setempat berharap tradisi itu dapat terus dilestarikan. Terlebih, kegiatan itu makin mengakrabkan masyarakat setempat.(*)
Powered by Blogger.