300 Warga Ginandong Mendapatkan Pengobatan Gratis

www.inikebumen.net KARANGGAYAM - Sekitar 300 penduduk Desa Ginandong, Kecamatan Karanggayam, Minggu 1 Oktober 2017 lalu, sejak pagi hingga menjelang sore,  mengikuti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis. Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama Komunitas Republik Ngapak (Paguyuban Warga Ngapak) dengan RS PKU Muhammadiyah Gombong.

300 Warga Ginandong Mendapatkan Pengobatan Gratis
Warga mengantre untuk mendapat pelayanan pengobatan gratis di Desa Ginandong, Kecamatan Karanggayam, Minggu 1 Oktober 2017.
Menurut Kepala Pengembangan Organisasi dan Litbang RS PKU Muhammadiyah Gombong, Septi Masitoh, penduduk yang memeriksakan kesehatannya, mayoritas keluhannya berkisar pada masalah saluran pernafasan dan gatal-gatal.

"Wajar, mereka yang tinggal di daerah pegunungan, keluhannya begitu," ujarnya saat ditemui di sela kegiatan tersebut.

Selain berobat gratis, masyarakat berkesempatan bertemu Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad dan istrinya, Lilis Nuryani. Siang itu Mohammad Yahya Fuad secara simbolis menyerahkan rumah hasil program Perbaikan Permukiman Masyarakat Kurang Mampu (P2MKM) di Kecamatan Karanggayam, Karangsambung, Karanganyar dan Sempor, serta hasil bakti sosial Komunitas Republik Ngapak.

Saat dialog dengan masyarakat, ada seorang warga yang ternyata belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS). Sehingga Yahya Fuad meminta penjelasan Kepala Desa Ginandong, Karsono.

"Desa hanya menerima KIS yang sudah jadi, sehingga masih ada penduduk kurang mampu yang belum menerima, sebaliknya yang mampu malah sudah menerima," ujar Karsono.

Namun ketika ditanya lebih lanjut jumlah penduduk yang belum memiliki KIS, Karsono belum bisa menjelaskan lebih detail.

Mengantisipasi kondisi tersebut, Bupati Yahya Fuad lalu mensosialisasikan program baru Pemkab Kebumen bagi warga kurang mampu namun tak mempunyai KIS atau BPJS.

Yakni cukup dengan membawa KTP Kabupaten Kebumen dapat berobat gratis di 10 Puskesmas rawat inap se-Kabupaten Kebumen dan dua RSUD, yakni RSUD Prembun dan RSUD dr Soedirman. Program Pelayanan Kesehatan Non JKN untuk semua warga yang ber-KTP Kebumen dan belum menjadi peserta BPJS itu baru saja diluncurkan beberapa hari sebelumnya.

Sekalipun ada fasilitas demikian Yahya Fuad berharap masyarakat Kebumen menjaga kesehatannya dengan baik agar tidak mudah sakit.(kj)

Powered by Blogger.