Antisipasi Bencana, Polisi Wanita Ikut Latihan Evakuasi Korban Bencana di Tebing 25 Meter

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 40 anggota Sat Sabhara Polres Kebumen dan relawan PMI Kebumen mengikuti latihan evakuasi korban bencana. Latihan evakuasi yang digelar di Dusun Sumelang, Desa Gemeksektti, Kecamatan Kebumen, Sabtu 14 Oktober 2017, peserta praktek cara membawa korban melewati tebing dengan menggunakan seutas tali.

Antisipasi Bencana, Polisi Wanita Ikut Latihan Evakuasi Korban Bencana di Tebing 25 Meter
Anggota Polres Kebumen saat panjat tebing di Dukuh Sumelang Desa Gemeksekti, Kecamatan Kebumen, Sabtu 14 Oktober 2017.
"Mereka harus mengevakuasi korban di tebing dengan ketinggian 25 meter," terang Kasat Sabhara Polres Kebumen, AKP Krida Risanto, yang juga instruktur sekaligus penanggung jawab dalam latihan itu.

Menurut Krida, latihan tersebut sebagai upaya dini jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam di Kabupaten Kebumen. Terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Ya, tujuan Latihan ini untuk pemantapan saja. Sehingga, saat ada bencana para personel semakin siap untuk diterjunkan dalam evakuasi korban. Kita latihkan cara membawa korban dengan seutas tali. Kita juga libatkan dari PMI, untuk berlatih bersama," bebernya.

Tak hanya polisi laki laki saja yang ikut dalam latihan itu, namun polisi wanita juga tidak mau ketinggalan. "Polwan juga ikut latihan. Semua sama, kita latihkan semua. Ketrampilan Polwan, ternyata juga bisa disetarakan dengan para Polki," imbuhnya.

Salah satu polisi wanita yang ikut dalam latihan itu, Bripda Bernadita, mengaku dirinya siap diterjunkan jika memang dibutuhkan untuk ikut evakuasi korban bencana. "Kami tidak takut, kita latihan sama seperti polisi laki-laki," kata Bripda Bernadita.(*)
Powered by Blogger.