Peringati Sumpah Pemuda, Pemuda Kebumen Deklarasikan Gerakan Anti Hoax

www.inikebumen.net KEBUMEMN - Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Upacara 89 tahun Hari Sumpah Pemuda tahun ini,  di Alun-alun Kebumen, Jum'at 27 Oktober 2017.

Peringati Sumpah Pemuda, Pemuda Kebumen Deklarasikan Gerakan Anti Hoax
Perwakilan pemuda saat membacakan ikrar Deklarasi Gerakan Anti Hoax pada Upacara Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun Kebumen, Jumat 27 Oktober 2017
Disamping upacara digelar maju sehari, yaitu Jumat 27 Oktober 2017, di tengah-tengah ribuan peserta yang memadati sisi utara Alun-alun Kebumen, ada sepasukan pelajar setingkat SMA dengan memakai baju adat nampak bersemangat membacakan ikrar Deklarasi Gerakan Anti Hoax.

Tiga puluh pelajar yang tergabung dalam komunitas Generasi Anti Hoax (GERAX) itu berasal dari berbagai sekolah di Kabupaten Kebumen. Mereka berkumpul mengenakan baju adat dari berbagai daerah. Mulai Jawa, Sumatera hingga pakaian adat Papua. Ada juga yang mengenakan pakaian modern berupa jas lengkap dengan pecinya.

Pilihan baju adat untuk meneladani semangat para pemuda Nusantara 89 tahun silam. Ketika mereka berkumpul dari berbagai wilayah di nusantara untuk menyatukan tekad dan semangat dalam satu janji suci Sumpah Pemuda.

Pasukan GERAX ini berbaris rapi dari pinggir, dengan langkah mantap menuju ke hadapan Inspektur Upacara, Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad. Sampai di tempat pembacaan ikrar Deklarasi Anti Hoax, pasukan ini bermanuver membentuk barisan setengah lingkaran.

Dipimpin oleh Yadi Nur, siswa SMA Negeri 1 Karanganyar, pasukan GERAX membacakan Ikrar Deklarasi Gerakan Anti Hoax. Bahwa Hoax, Hate Speech dan Scam adalah perbuatan keji, tercela yang harus dilawan dan diperangi. Karena hoax terbukti telah mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Sebagaimana diketahui, GERAX adalah komunitas mitra binaan Polres Kebumen, merupakan bagian dari program kerja Relawan TIK Indonesia daerah Kebumen. Sebelumnya, sejak dibentuk 31 Agustus 2017 di Mapolres Kebumen, hingga saat ini, GERAX terus melakukan kegiatan literasi Sehat dan Cerdas Berinternet ke sekolah-sekolah.

Bupati Kebumen, Mohammad Yahya Fuad, yang berkenan menerima perwakilan GERAX setelah upacara, menyampaikan apresiasi dan siap untuk melantik atau mengukuhkan kepengurusan RTIK Kebumen juga GERAX.

"Ini luar biasa, suatu organisasi belum dilantik tapi sudah menunjukkan kinerja positif. Biasanya kan organisasi dilantik baru bekerja, atau malah habis dilantik terus bubar. Lanjutkan, jajaran OPD terkait siap bersinergi dengan RTIK juga GERAX" ujar Bupati di rumah dinasnya.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Kebumen, AKBP Titi Hastuti,  juga merasa puas dan antusias melihat anak-anak binaannya menunjukkan performa yang membanggakan.

"Kami akan terus membina dan memantau kegiatan GERAX agar konten hoax dan ujaran kebencian bisa ditekan, khususnya di wilayah Kebumen" terang Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, pasukan GERAX bersama Kapolres dan sejumlah anggota Polres Kebumen berkesempatan membuat video ucapan selamat kepada Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian, yang merayakan ulang tahun ke 53 pada Kamis 26 Oktober 2017 kemarin. Juga atas dikukuhkannya Jenderal Tito sebagai Guru Besar di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK).(*)

Powered by Blogger.