Pohon Asem Ronggowarsito Pejagoan Bakal Ditebang

www.inikebumen.net KEBUMEN - Mendapat laporan adanya pohon keropos yang membahayakan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kabupaten Kebumen, langsung menerjunkan timnya untuk mengecek kebenarannya.

Pohon Asem Ronggowarsito Pejagoan Bakal Ditebang
Petugas Dinas Perkim LH Kebumen, mengecek koondisi pohon asem yang dikeluhkan warga.
Sekretaris Dinas Perkim LH  Kabupaten Kebumen, Sri Pambudi, mengaku Kepala Dinas Perkim LH Edi Rianto, telah memerintahkan Kabid Kebersihan dan Pertamanan untuk cepat menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut.

"Malam Minggu kita langsung terjunkan tim untuk mengecek kondisi pohon," kata Sri Pambudi, Minggu 22 Oktober 2017.

Dari hasil pengecekan, lanjut, Sri Pambudi, kondisi pohon asem yang dikeluhkan masyarakat memang sudah keropos dan membahayakakan. Kemungkinan pohon tersebut akan ditebang.

Selain mengecek di Jalan Ronggowarsito Pejagoan, pihaknya juga mengecek kondisi pohon di wilayah Kebulusan, Kecamatan Pejagoan. "Kita juga akan mengecek pohon-pohon yang kondisinya sama," tandasnya.pungkasnya.

Sebelumnya, Kabupaten Kebumen yang tengah sering diguyur hujan, membuat masyarakat harus waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana. Sudah beberapa ada desa di Kecamatan Alian, Kebumen dan Adimulyo terkena banjir, sebagian juga ada yang diikuti tanah longsor. Di kawasan perkotaan, kemungkinan terjadinya bencana bisa bertambah, yakni tumbangnya pohon-pohon di tepi jalan yang umurnya sudah tua atau kondisi pohonnya tidak sehat.

Kekhawatiran ada pohon tumbang saat hujan deras inilah yang kini menghinggapi masyarakat di sekitar Jalan Ronggowarsito, Pejagoan. Masalahnya salah satu pohon yang berada di tepi jalan tersebut kondisinya sudah mengkhawatirkan.

"Bagian bawah pohon sudah berlubang besar dan nyaris tembus. Yang dikhawatirkan, kayunya sudah keropos sehingga jika terjadi hujan lebat yang disertai angin bisa tumbang," jelas Riyadie, pemilik Kandank Seni yang kiosnya berdekatan dengan pohon asem tersebut, Sabtu 21 Oktober 2017.(*)


Powered by Blogger.