Sedekah Waduk Sempor, Komunitas Pusaka Gombong Keliling Bawa Keranda

www.inikebumen.net SEMPOR - Sebagai wujud syukur kepada sang Maha Kuasa, Komunitas Pusaka Gombong, menggelar sedekah Waduk Sempor pada Minggu 1 Oktober 2017.

Sedekah Waduk Sempor, Komunitas Pusaka Gombong Keliling Bawa Keranda
Keranda yang membawa benih ikan digotong oleh anggota komunitas sebelum diarak keliling Waduk Sempor.
Berbagai kegiatan memeriahkan ritual yang dilakukan pada bulan Sura ini. Diantaranya tabur 2.500 benih ikan ke tengah Waduk Sempor. Sebelum ditabur, benih ikan dibawa menggunakan keranda. Benih ikan yang terdiri dari ikan nila dan mujair, diarak keliling waduk dikawal oleh puluhan prajurit.

Mereka memutari waduk dengan menaiki perahu yang telah disediakan panitia. Sepanjang perjalanan ritual itu diiringi berbagai lagu macapatan yang dinyanyikan saling bergantian oleh sesepuh komunitas. Selain itu juga dilantunkan doa-doa oleh tokoh agama setempat.

"Ini bertujuan menguri-uri kebudayaan minta keselamatan  atau berkah. Serta ikan yang kita tabut bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujar Ketua Komunitas Pusaka Gombong, Bambang Tri, disela-sela acara.

Setelah selesai menabur benih ikan, mereka berkumpul di Pendopo Waduk Sempor, untuk acara potong tumpeng kuning. "Ini artinya persatuan, kerukunan, keselamatan kita jaga bersama," imbuhnya.(*)

Powered by Blogger.