Dua Rumah di Rowokele Dilalap Sijago Merah

www.inikebumen.net ROWOKELE - Dua rumah di Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, dilalap sijago merah alias kebakaran, Minggu, 26 November 2017. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa yang terjadi sekitar pukul 11.15 WIB itu. Tetapi kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

Dua Rumah di Rowokele Dilalap Sijago Merah
Petugas Pemadam Kebakaran Satpol PP melakukan pendinginan rumah yang  terbakar du Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Minggu, 26 November 2017. (Foto Satpol PP Kebumen)
Kepala Satpol PP Kebumen R Agung Pambudi, melalui Kepala Seksi Penanggulangan Kebakaran, Arif Rahmadi, mengatakan dua rumah tersebut yakni milik Ahmad Ngatoil (74) dan Rofik Al Hasan (45). Keduanya merupakan tetangga warga RT 04 RW 04 Desa Bumiagung, Kecamatan Rowokele.

"Dugaannya yang menyebabkan kebakaran itu karenas konsleting listrik," terang Arif Rahmadi, Minggu siang.

Arif menjelaskan, peristiwa kebakaran itu terjadi saat korban Ahmad Ngatoil, sedang tidur siang. Sekitar pukul 11.15 WIB, korban terbangun dan mendengar suara kayu terbakar dari atap rumahnya. Setelah dicek ternyata bagian pojok atap ruang tamu sudah terbakar.

"Karena bangunan semi permanen yang terbuat dari kayu dan bilik bambu akhirnya api cepat merambat keseluruh bangunan rumah," ujar Arif.

Sementara, rumah Rofik Alhasan, yang letaknya berdekatan atap samping terbakar dan menderita kerugian sekitar Rp 5 juta. Sedangkan Ahmad Ngatoil menderita kerugian sekitar Rp 75 juta.

"Setelah menerima laporan Regu Damkar tiba di lokasi dengan respon time 10 menit. Namun karena api sudah sangat besar apalagi bangunan terbuat dari kayu dan bilik bambu pemadam kebakaran hanya mampu melokalisir agar api yang sudah mulai merambat ke rumah disebelahnya tidak semakin parah," paparnya.

Pada kesempatan itu, Arif Rahmadi, juga menghimbau masyarakat agar segera menghubungi Pemadam Kebakaran jika terjadi musibah kebakaran. "Segera laporkan tanpa harus menunggu api sudah besar. Layanan pemadam kebakaran gratis," tegasnya.

Arif meminta masyarakat segera melapor segera jika terjadi musibah kebakarang dengan menghubungi nomor telepon, Damkar Induk 0287-382113, dan Pos Damkar Gombong 0287-472113.(*)
Powered by Blogger.