Evakuasi Korban Hanyut di Sungai Lukulo, Perahu Karet Polisi Terbalik

www.inikebumen.net KEBUMEN - Dua penambang pasir yang belum diketahui identitasnya di Sungai Lukulo dilaporkan hanyut terseret derasnya arus sungai. Satu regu peleton Dalmas Sat Sabhara Polres Kebumen diterjunkan untuk mencari korban bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen.

Evakuasi Korban Hanyut di Sungai Lukulo, Perahu Karet Polisi Terbalik
Petugas melakukan penyisiran di Sungai Lukulo, pada simulasi pencarian korban hanyut.
Petugas memulai pencarian dari lokasi awal korban hilang di Desa Kedungwaru, Kecamatan Karangsambung, Jumat, 20 November 2017. Derasnya, arus sungai karena hujan derasnya di hulu sungai terbesar di Kabupaten Kebumen itu, mengakibatkan perahu karet yang digunakan untuk evakuasi terbalik.

Kapolres Kebumen AKBP Titi Hastuti, melalui Kasat Sabhara Polres Kebumen AKP Krida Risanto, menjelaskan, kejadian itu hanya simulasi saja. Perahu karet yang terbalik itu juga sengaja dilakukan sesuai dengan skenario simulasi.

"Itu hanya latihan saja. Kita latihan langsung di sungai, yang dibuat situasi semirip mungkin dengan peristiwa di lapangan," jelas AKP Krida.

Menurutnya, dengan melakukan latihan seperti itu diharapkan personelnya semakin trampil di lapangan. Krida berharap, latihan ini hanya sekedar latihan dan bencana semacam itu tidak benar-benar terjadi. "Ya, jika memang terjadi, kami siap digerakkan," tandasnya.(*)
Powered by Blogger.