Ratusan Peserta Ikuti Pemilihan Duta Seni dan Top Model Nusantara di 3D Studio Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Sebanyak 100 peserta memeriahkan grand final pemilihan duta seni dan top model nusantara 2017 di wahana wisata 3D Studio Kebumen, Minggu, 26 November 2017. Mereka bukan hanya berasal dari Kebumen, tetapi banyak juga dari luar Kebumen.

Ratusan Peserta Ikuti Pemilihan Duta Seni dan Top Model Nusantara di 3D Studio Kebumen
Salah satu peserta lomba model menunjukkan bakatnya pada ajang grand final pemilihan duta seni dan top model nusantara di wahana wisata 3D Studio Kebumen, Minggu, 26 November 2017.
Kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kabupaten Kebumen tersebut merupakan hasil kerjasama antara Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kebumen, Wahana Wisata 3D Kebumen dan Griya Paes.

Ketua DKD Kebumen, Pekik Sat Siswonirmolo, mengatakan penyelenggaraan duta seni tersebut untuk menjaring generasi muda yang memiliki potensi Kesenian. "Yang nantinya dapat menjadi duta pengembangan dan pelestarian kesenian di Kebumen," kata Pekik Sat Siswonirmolo, disela-sela acara.

Menurutnya, para duta seni yang terpilih diharapkan turut memperkenalkan seni budaya Kebumen. "Mereka memiliki wawasan kesenian, baik modern maupun seni tradisional Kebumen," ujarnya.

Manajer Operasional 3D Studio Kebumen, Bambang Miko, menjelaskan acara tersebut digelar untuk nguri-uri budaya yang saat ini mulai terkikis. "Jaman modern ini, kita harus melestarikan budaya dan kesenian tradisional. Khususnya di Kabupaten Kebumen agar kearifan lokal tak lekang oleh jaman," terang Bambang Miko

Pemilihan duta seni, panitia telah melakukan tahap seleksi melalui tes tertulis kemudian audisi minat dan bakat. Yang dinyatakan lolos pada audisi minat dan bakat mereka yang melaju ke babak grand final.

"Untuk kostum yang digunakan peserta adalah kostum semi Carnival. Yang mengedepankan budaya dan kesenian tradisional," terangnya.

Tujuannya untuk menanamkan cinta budaya dan kesenian tradisional kepada para peserta serta para penonton yang hadir. "Supaya kita dapat saling menjaga dan melestarikannya," imbuhnya.(*)
Powered by Blogger.