Siswa-siswi Kelas 6 SDN 2 Kutosari Berlatih Wirausaha

www.inikebumen.net KEBUMEN - Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha, siswa-siswi kelas 6 SD N 2 Kutosari, Kecamatan Kebumen, berlatih membuat dan menjual aneka minuman. Siswa-siswi berjumlah 40 orang itu, oleh guru kelas 6, Nur Khotimah, diberi tugas bersama sesuai kelompok piket hariannya.

Siswa-siswi Kelas 6 SDN 2 Kutosari Berlatih Wirausaha
Anak-anak Kelas 6 SDN 2 Kutosari, dilatih berjualan aneka minuman.
"Masing-masing kelompok diminta membuat produk minuman dan menjualnya di sekolah kepada adik-adik kelasnya," jelas Nur Khotimah.

Dengan antusias siswa-siswi melaksanakan tugas mereka. Sehingga pada Selasa 14 November 2017, aneka produk minuman dijajakan di depan ruang kelas 6. Ada yang membuat es mie telur ceplok, es mie pink, es mie pelangi, es sarang walet, milk shake oreo dan smooties fruit punch.
 Jenis-jenis minuman tersebut merupakan pilihan masing-masing kelompok.

"Anak-anak berkreasi dengan mencari informasi resep-resep minuman melalui internet," tutur Nur Khotimah yang biasa dipanggil Bu Khotim oleh murid-muridnya.

Dari hasil membuat dan menjual minuman tersebut, masing-masing kelompok mendapatkan hasil berbeda. "Ada yang mendapatkan untung 60 ribu, 52 ribu, 40 ribu, 30 ribu dan 12 ribu. Ada juga yang rugi sekitar 20 ribu," lanjut Bu Khotim.

Menurut Bu Khotim, kerugian itu karena anak-anak belum bisa menyeimbangkan antara harga beli bahan bakunya dengan harga jual produknya. Padahal produk minumannya laku keras.

Ke depannya Bu Khotim sedang mempertimbangkan murid-muridnya berlatih wirausaha dengan menjual produk minuman kreasinya di Alun-alun Kebumen pada saat Car Free Day setiap Minggu pagi.

"Anak-anak menyambut gembira rencana ini, tapi kami perlu meminta pertimbangan para wali murid, barangkali ada yang keberatan," katanya mengakhiri perbincangan.(*)

Powered by Blogger.