Tertimbun Longsor, Jalur Kereta Api Kroya-Bandung Putus

www.inikebumen.net PURWOKERTO - Jalur kereta api antara Kroya dan Bandung, di Jawa Barat, putus akibat tertimbun tanah longsor diantara petak Jalan Cipendeuy-Bumiwaluya KM 233+0/8, pada Rabu malam, 22 November 2017. Akibatnya, jalur selatan tersebut putus total.


Tertimbun Longsor, Jalur Kereta Api Kroya-Bandung Putus
Jalu rel kereta api yang tertimbun longsor.
"Ini mengakibatkan rintang jalan (rinja) yang berdampak terganggunya perjalanan KA baik dari arah hilir maupun udik," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, di Purwokerto, Kamis pagi, 23 November 2017.

Ixfan menjelaskan, butuh waktu 1x24 jam dari pukul 23.18 WIB untuk menangani rintangan jalan tersebut. "Menurut informasi dari petugas, longsoran terjadi pada detik titik," terang Ixfan.

Akibat kejadian itu, sejumlah perjalanan kereta api dari arah Bandung dan sebaliknya terganggu. Yakni KA Malabar tujuan Malang, KA Mutiara Selatan tujuan Surabaya Gubeng/Malang, KA Kahuripan tujuan Kiaracondong-Kediri. Kemudian, KA Lodaya tujuan Bandung-Solo, KA Turangga tujuan Bandung-Surabaya Gubeng, KA Serayu tujuan Pasarsenen/Kiaracondong - Purwokerto.

"PT KAI pusat melakukan perubahan pola operasi yaitu dengan cara memutar rute perjalanan melalui lintas utara . Bandung, Cikampek, Cirebon, Purwokerto, Kroya," ungkapnya.

"Kami juga menyediakanangkutan bus bagi pelanggan yang sudah melakukan perjalanan tapi terganggu rinja. Sehingga tidak bisa dilanjutkan sampai  tujuan," sambungnya.

PT KAI juuga melayani pembatalan tiket dengan pengembalian 100 persen dari harga tiket bagi penumpang yang membatalkan perjalanannya. "Kami atas nama manajemen KAI Daop 5 menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini," tandasnya.(*)
Powered by Blogger.