Wow Keren, Kebumen Sekarang Punya Perpustakaan Digital

www.inikebumen.net KEBUMEN - Bupati Kebumen Mohammamd Yahya Fuad meluncurkan perpustakaan digital yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas. Perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Kebumen tersebut diluncurkan di Aula Disarpus, Senin 6 November 2017.

Wow Keren, Kebumen Sekarang Punya Perpustakaan Digital
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, menempelkan telapak tangannya pada perangkat perpustakaan digital sebagai tanda diluncurkannya perpustakaan digital.
Perpustakaan digital berbasis Inlis-Lite V.3 sudah bisa diakses masyarakat umum melalui website digilib.kebumenkab.go.id. Inovasi baru ini juga bisa diakses melalui handphone android. Perpustakaan digital ini merupakan implementasi dari konsep perpustakaan tanpa batas yang dapat diakses 24 jam setiap hari.

Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, mengatakan digitalisasi merupakan tuntutan yang tak bisa dielakkan. Inovasi layanan terbaru tersebut untuk memudahkan masyarakat Kebumen mengakses informasi melalui perpustakaan digital. Baik mengenai produk hukum daerah, buku umum, maupun terkait pemberitaan mengenai pemerintah daerah, yang nantinya akan tersaji di perpustakaan digital.

"Ini akan memudahkan masyarakat mengakses perpustakaan, sehingga lebih murah karena tidak harus datang ke perpustakaan. Selain juga bisa diakses kapan saja dan dimana saja," kata Mohammad Yahya Fuad, kepada wartawan usai peluncuran.

Sayangnya, dari 32.000 koleksi buku yang ada di perpustakaan daerah baru 234 koleksi buku yang dialihmediakan. Itupun dilakukan sendiri oleh Disarpus Kebumen. Koleksi buku yang sudah didigitalisasi terdiri dari 105 tentang peraturan daerah, 69 peraturan bupati dan sisanya buku umum karya penulis Kebumen.

"Karena terbentur dengan hak cipta yang kita alihmediakan baru karya-karya penulis Kebumen," terang Kepala Disarpus Kebumen, Anna Ratnawati, saat mendampingi Bupati Kebumen.

Anna membeberkan, dari 234 buku yang sudah didigitalisasi yang sudah di-online-kan baru 24 buku. Sehingga untuk membaca buku digital lebih banyak baru bisa dilakukan di Perpustakaan daerah "Kita akan terus berupaya menaikan online secara bertahap," ujarnya.

Acara peluncuran tersebut juga dihadiri oleh sejumlah penulis Kebumen, diantaranya Kang Juki, HAS Chamidi dan Atim Rinawati.(*)
Powered by Blogger.