Gedung Metrologi Bakal Dibangun di Kawasan Stadion Chandradimuka Kebumen

www.inikebumen.net KEBUMEN - Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, memutuskan akan membangun gedung UPT Metrologi di kawasan Stadion Chandradimuka Kebumen. Keputusan itu diambil setelah sebelumnya Pemkab Kebumen akan membangunnya di bekas gedung RSUD Kebumen. Namun, karena getaran akibat bersebelahan dengan rel kereta api lokasinya dipindahkan ke sekitar Stadion Chandradimuka.

Gedung Metrologi Bakal Dibangun di Kawasan Stadion Chandradimuka Kebumen
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad meninjau Stadion Chandradimuka Kebumen dan lokasi calon dibangunnya gedung UPT Metrologi.
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, didampingi sejumlah pejabat meninjau langsung calon lokasi dibangunnya UPT Metrologi tersebut. Pejabat yang mendampingi yakni, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Nugroho Tri Waluyo, Kepala Dinas Sosial dan PPKB HA Dwi Budi Satrio, Kabag Pemerintahan Asep Nurdiana dan Kabag Humas Setda Kebumen Sukamto.

Mohammad Yahya Fuad, mengatakan pembangunan gedung tersebut akan dilakukan pada tahun depan menggunakan APBD 2018. "Sudah dianggarkan tinggal nanti nunggu dilelang tahun depan," kata Yahya Fuad.

Tak hanya gedung UPT Metrologi, di lahan milik Kelurahan Kebumen itu juga bakal dibangun perkantoran lainnya. "Jadi dana sudah ada di APBD 2018 tinggal kita lelang," sambungnya.

Kabid Pengembangan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kebumen, Sri Wahyuroh, menjelaskan keberadaan UPT Metrologi Legal sangat penting. Hal ini untuk memberikan kemudahan pelayanan tera dan tera ulang kepada masyarakat. Sekaligus juga untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat akan ketepatan alat ukur, takar dan timbang tersebut.

"Ini juga sesuai dengan  amanat UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Yang memberikan kewenangan kepada kabupaten/kota untuk menguji keakuratan alat ukur, takar dan timbang beserta perlengkapannya," ujarnya.

Menurutnya, untuk dapat mendirikan UPT Metrologi Legal, minimal harus ada sarana dan prasarana pendukung. Antara lain gedung untuk menempatkan peralatan sekaligus untuk melakukan tera atau tera ulang, peralatan tera, serta sumber daya manusia SDM Penera.

Pada kesempatan itu, bupati dan rombongan juga mengecek Stadion Chandradimuka yang baru saja selesai direnovasi. Bupati nampak puas dengan tampilan stadion yang baru itu. "Depannya sudah kaya stadion di kota. Terus rumputnya juga sudah bagus," ucap Yahya Fuad.(*)

Powered by Blogger.