H+1 Natal, Diprediksi Puncak Arus Mudik Kereta Api Libur Nataru

www.inikebumen.net PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto, memprediksi puncak kepadatan penumpang kereta api pada liburan natal dan tahun 2018 (Nataru) terjadi pada Selasa, 26 Desember 2017. Sedangkan untuk arus balik terjadi pada Selasa, 1 Januari 2018.
H+1 Natal, Diprediksi Puncak Arus Mudik Kereta Api Libur Nataru
Penumpang menaiki kereta api yang berhenti di Stasiun Purwokerto.
"Dengan jumlah penumpang dari wilayah Daop 5 Purwokerto mencapai 214.846 orang atau meningkat sekitar tujuh persen dari tahun sebelumnya," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko.

Ketersediaan tiket dalam data Rail Ticket System (RTS) pada 10 Desember 2017 menunjukkan ketersediaan tiket selama masa Nataru untuk arus mudik atau dari Daop lain menuju Daop 5 Purwokerto mulai 22-31 Desember 2017 sudah terjual 60 persen hingga 100 persen. Sedangkan pada arus balik Nataru mulai tanggal 1-7 Januari 2018 dari Daop 5 Purwokerto menuju Daop lain sudah terjual 30 perseb hingga 100 persen.

"Masih ada KA arus mudik dan balik yang tersedia, tapi juga ada yang sudah habis terjual khususnya untuk arus mudik tanggal 22-24 Desember," terang dia

Sementara itu, Daop 5 Purwokerto sendiri akan menjalankan dua Kereta Api (KA) tambahan untuk libur Nataru. Dengan total tempat duduk mencapai 99.380. Selain itu juga terdapat 8 KA tambahan dari Daop lain yang akan melintas di wilayah Daop 5 Purwokerto. Dua KA tambahan yang disiapkan oleh Daop 5 Purwokerto diantaranya adalah KA Purwojaya tambahan relasi Cilacap-Gambir PP dan KA Kutojaya Utara tambahan relasi Kutoarjo-Pasar Senen PP.

Sedangkan delapan KA dari daop lain yang melintas di wilayah daop 5 Purwokerto diantaranya KA Argolawu Fakultatif relasi Solo Balapan -Gambir PP, KA Argo Dwipangga Fakultatif relasi Solo Balapan-Gambir PP.

KA Taksaka Pagi tambahan relasi Yogyakarta-Gambir PP, Taksaka Malam tambahan relasi Yogyakarta - Gambir PP, KA Gajayana tambahan relasi Malang-Gambir PP, KA Lodaya Pagi tambahan relasi Solo Balapan-Bandung PP, KA Lodaya Malam tambahan relasi Solo Balapan-Bandung PP dan KA Pasundan tambahan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong PP. "Semua lintasan di wilayah Daop 5  sudah diperiksa untuk mengantisipasi musim hujan," tandasnya.(*)
Powered by Blogger.