Kebumen Kini Miliki Kran Air Siap Minum Terbaik di Indonesia

www.inikebumen.net KEBUMEN - Kran Air Siap Minum (KASM) PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, diresmikan oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya, pada rangkaian Peringatan Hari Ibu, Jumat, 22 Desember 2017. Persemian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan mencoba air minum langsung dari kran yang disediakan.

Kebumen Kini Miliki Kran Air Siap Minum Terbaik di Indonesia
Ketua TP PKK, yang juga istri dari Bupati Kebumen, Lilis Nuryani Yahya Fuad, menjadi orang pertama yang mencoba meminum air dari Kran Air Siap Minum (KASM).
Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, mengatakan peluncuran KASM tersebut sebagai persembahan spesial pada Peringatan Hari Ibu ke-89. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para ibu. "Ini merupakan sejarah baru di Kebumen, ini baru betul," kata Mohammad Yahya Fuad, disela-sela meresmikan tempat tersebut.

Bupati mengeklaim, KASM di Kebumen merupakan yang terbaik di Indonesia. Menurutnya, kualitas airnya lebih baik dibandingkan dengan kran air minum yang ada di bandara.
"Saya menyambut baik rencanya sekaligus menunjukkan kinerja PDAM Kebumen untuk menyediakan air minum yang memenuhi syarat kualitas, kuantitas dan kontinuitas yang dapat dipertanggungjawabkan," ujar Yahya Fuad.

Bupati berharap, program ini dapat terus dilanjutkan. Tak hanya di di dalam Kota Kebumen saja. Tetapi dapat dibangun juga di tempat keramaian lainnya, seperti di Gombong, Karanganyar, Prembun, maupun pusat keramaian lainnya.

Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Kebumen Cipto Waluyo, Kapolres Kebumen AKBP Arief Bahtiar, Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Kav Suep, serta pengurus TP PKK Kabupaten Kebumen.

Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, Zein Musta'in, menjelaskan air dari kran tersebut memiliki kualitas lebih baik dari air minum kemasan. Air tersebut telah lulus uji kelayakan dari Kementerian Kesehatan. "Airnya diproses menggunakan sistem RO dan akan dilakukan pengecekan secara berkala," beber Zein Musta'in.

Zein mengingatkan, masyarakat agar tidak mengambil air minum menggunakan botol maupun wadah lainnya. Masyarakat hanya diperbolehkan minum ditempat. "Ini gratis untuk masyarakat tapi tidak boleh diambili pakai botol apalagi galon," tegasnya.

Saat ini, lanjut Zein, baru ada dua KASM. Yakni di depan Gedung DPRD Kebumen (bekas videotron) dan depan gerbang perkantoran Setda Kebumen. Rencananya PDAM Tirta Bumi Sentosa akan membangun dua KASM lagi di kawasan Alun-alun Kebumen, yakni di depan Pendopo Rumah Dinas Bupati dan depan Masjid Agung Kauman Kebumen.(*)

Powered by Blogger.