Akibat Banjir, 446 KK di Kecamatan Ayah Terisolir

www.inikebumen.net AYAH - Sebanyak 446 KK di dua desa di Kecamatan Ayah, terisolir akibat banjir yang terjadi pada Jumat 5 Januari 2018. Dua desa tersebut yakni Desa Kalibangkang dan Watukelir.

Akibat Banjir, 446 KK di Kecamatan Ayah Terisolir
Banjir merendam dua desa di Kecamatan Ayah, Desa Watukelir dan Kalibangkang.
Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kebumen, Sukamsi, mengatakan banjir menggenangi dua pedukuhan di Desa Kalibangkang, meliputi Dukuh Sara Jaya dengan jumlahh 131 KK dan Dukuh Pereng Aub 35 KK.

"Di Desa Kalibangkang empat RT yang terendam banjir dengan total warga yang terisolir sebanyak 166 KK," ujar Sukamsi, kepada inikebumen.net, Jumat malam.

Sedangkan, di Desa Watukelir, wilayah yang terendam banjir berada di tiga RT meliputi RT 01, 02, dan RT 03 RW 04 dengan jumlah warga yang terisolir mencapai 280 KK.

Sukamsi menyebut banjir terjadi akibat hujan deras di dua desa tersebut sejak Jumat 5 Januari 2018 sekitar pukul 03.00 dini hari. "Penyebabnya karena tersumbatnya Luweng (mulut goa di kawasan karst) dengan ketinggian air mencapai 80 centi meter pada jam 10.00 pagi," terangnya.

Pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial PPKB Kabupaten Kebumen.(*)
Powered by Blogger.