Lantai 2 Pasar Tumenggungan Kebumen Telah Dilengkapi Dua Jembatan Penghubung - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Lantai 2 Pasar Tumenggungan Kebumen Telah Dilengkapi Dua Jembatan Penghubung

www.inikebumen.net KEBUMEN - Pasar Tumenggungan Kebumen saat ini telah dilengkapi dengan fasilitas dua buah jembatan penghubung di lantai 2. Yakni berada sisi barat dan timur membujur dari arah utara ke selatan. Jembatan sudah mulai difungsikan sejak awal 2018 ini.

Lantai 2 Pasar Tumenggungan Kebumen Telah Dilengkapi Dua Jembatan Penghubung
Dua orang pedagang di lantai 2 Pasar Tumenggungan Kebumen, memanfaatkan pintu masuk jembatan penghubung untuk duduk-duduk santai dan menaruh bangku. 
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kebumen, Nugroho Tri Waluyo, menjelaskan, pembangunan jembatan penghubung  tersebut untuk memudahkan para pembeli dalam berbelanja.

Utamanya untuk menjangkau kios-kios di sisi utara maupun kios-kios di sisi selatan lantai 2. "Sehingga pengunjung tidak perlu memutari pasar," ujar Nugroho Tri Waluyo, Kamis 11 Januari 2018..

Selain jembatan penghubung, kata Nugroho, pada 2017 lalu Pemkab Kebumen mengembangkan Pasar Tumenggungan Kebumen dengan anggaran sebesar Rp 5,36 miliar lebih. Anggaran tersebut untuk pembangunan Kantor UPT Pasar Tumenggungan.

Kemudian, perbaikan 2 buah eskalator, pembangunan pos pengamanan, serta pembuatan Hydrant. "Selain itu, juga pengecatan pasar agar tampilannya lebih menarik," terangnya.

Menurutnya, perbaikan eskalator sangat diperlukan untuk mempermudah para pembeli dan para pedagang dalam mengakses lantai 2 pasar. Sehingga dapat lebih ramai lagi, ataupun sebaliknya turun dari lantai 2 ke lantai dasar.

"Pembangunan Hydrant untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran. Sehingga akan bisa ditangani dengan cepat. Ini sangat perlu jika kita berkaca pada kejadian kebakaran pasar Wonokriyo Gombong," beber mantan Kepala Dishubkominfo ini.

Selanjutnya, Kantor UPT Pasar Tumenggungan diperlukan untuk tempat mengendalikan dan mengkoordinasikan pelaksanaan operasional pengelolaan pasar. Sehingga dapat diwujudkan Pasar Tumenggungan yang representatif. "Untuk mendukung keamanan Pasar Tumenggungan dibangunlah Pos Pengamanan yang berada di sudut tenggara pasar," imbuhnya.
Lantai 2 Pasar Tumenggungan Kebumen Telah Dilengkapi Dua Jembatan Penghubung
Pengunjung memanfaatkan jembatan penghubung yang baru selesai dibangun untuk mengakses sisi utara dan selatan lantai 2 Pasar Tumenggungan Kebumen, Kamis 11 Januari 2018.
Lebih jauh Nugroho mengatakan, pengembangan ini merupakan respon terhadap keluhan para pedagang terkait sepinya pengunjung Pasar Tumenggungan. Sehingga dengan pengembangan pasar tersebut diharapkan dapat mewujudkan pasar yang semakin representatif. "Makin nyaman untuk transaksi jual beli, serta makin menumbuhkan minat masyarakat untuk mengunjungi Pasar Tumenggungan," kata dia.

Ia menambahkan, adanya fasilitas itu, harus diimbangi dengan upaya para pedagang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pembeli. Termasuk penataan dagangan agar lebih menarik serta kualitas barang dagangan yang baik.

"Yang tak kalah pentingnya komunikasi yang harmonis dan menjaga kebersihan pasar. Sehingga kondisi Pasar Tumenggungan makin nyaman untuk dikunjungi," tandasnya.(*)

Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>