Bakal Diresmikan Maret, Kampung Jawa Kebumen Mulai Disosialisasikan - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Bakal Diresmikan Maret, Kampung Jawa Kebumen Mulai Disosialisasikan

www.inikebumen.net AMBAL - Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen mulai mengintensifkan sosialisasi rencana pendirian Kampung Jawa Kebumen (KJK) di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal. Sosialisasi tersebut digencarkan menyusul kampung tersebut bakal dilaunching oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, pada Maret mendatang.

Bakal Diresmikan Maret, Kampung Jawa Kebumen Mulai Disosialisasikan
Kepala Dinas Pendidikan Kebumen Ahmad Ujang Sugiono dan Kepal Bappeda Kebumen Djunedi Fatkhurohman memeriksa wayang di sentra industri wayang kulit di Kawasan Kampung Jawa Kebumen.
Kabid Paud Dikmas dan Kebudayaan, Aminah, menjelaskan tahap pengembangan Kampung Jawa Kebumen dimulai pada tahun ini hingga 2021 diproyeksikan sebagai lokasi wisata edukasi.

"Berbagai fokus kegiatannya mulai dari pelestarian kesenian, tradisi jawa, perfilman, bahasa, sejarah, permuseuman dan kepurbakalaan," kata Aminah, usai sosialisasi Kampung Jawa Kebumen di Rumah Makan Sate Ambal H Tino Ambal, kemarin.

Aminah menjelaskan, Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, dipilih sebagai Kampung Jawa Kebumen. Alasannya, di desa tersebut terdapat rumah mantan Bupati Ambal, Poerbonegoro, dan bangunan SDN 1 Ambalresmi yang merupakan  cagar budaya. Di desa ini, masih banyak dijumpai rumah warga yang memiliki ciri khas Kebumen, yaitu srotong dan bandung.

Di Desa Ambalresmi, juga banyak terdapat tokoh budaya dan pelaku seni, seperti dalang, sinden, pengrawit, penari, hingga seniman kethoprak yang berpotensi sebagai pelaku kegiatan Kampung Jawa Kebumen.

Selain itu, di desa tersebut ada home industri pakaian adat jawa  berupa blangkon, sorjan, beskap, wayang golek dan wayang kulit. Masyarakat desa juga masih menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya Jawa. Terbukti dengan adanya kegiatan grebeg cah angon, kursus pedhalangan, adanya pemeliharaan cagar budaya yang di dalamnya terdapat benda-benda purbakala. Mulai dari keris, kuluk, baju milik mantan Bupati Ambal serta silsilah trah Bupati Poerbonegoro

Tak hanya itu, terdapat obyek wisata yang menarik di sekitar desa tersebut. Misalnya Pantai Ambal, kampung kopi, pacuan kuda, dan kampung wisata kuliner sate Ambal, hingga emping Ambal. Masih banyak terdapat tanaman langka khas Kebumen, antara lain kepel, namnam, manggis, duku, sawo, kecik, duren dan duwet.

Peneteapan Kampung Jawa Kebumen (KJK). Kampung Jawa Kebumen ini akan melengkapi Kampung Inggris Kebumen dan Kampung Arab Kebumen, yang terlebih dulu diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen. Program ini sebenarnya merupakan program unggulan 100 hari Bupati Mohammad Yahya Fuad dan Wakil Bupati Yazid Mahfudz. Namun, baru dapat direalisasikan pada tahun ini.(*)


Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>