Gelar Lomba Krenova, Pemkab Kebumen Siapkan Hadiah Total Rp 9 Juta

www.inikebumen.net KEBUMEN - Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAP3DA) Kabupaten Kebumen tahun ini kembali menyelenggarakan Lomba Kreativitas dan Inovasi masyarakat (Krenova) tahun 2018.

Gelar Lomba Krenova, Pemkab Kebumen Siapkan Hadiah Total Rp 9 Juta
BAP3DA Kabupaten Kebumen kembali menggelar Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) 2018.
Kepala Bidang Litbang BAP3DA Bekti Hidayat, menjelaskan kegiatan Krenova ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan sejak tahun 2008. Maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai upaya meningkatkan kreativitas dan fasilitasi hasil-hasil inovasi masyarakat untuk mendukung percepatan pembangunan di Jawa Tengah, khususnya Kebumen.

"Kegiatan ini untuk menyeleksi dan memberikan penghargaan kepada masyarakat. Baik secara perorangan maupun kelompok yang mampu menghasilkan inovasi kreatif dalam bidang IPTEK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terang Bekti Hidayat, di ruang kerjanya, Senin 26 Februari 2018.

Adapun kriteria calon peserta Krenova yaitu masyarakat Kebumen, perorangan atau kelompok, mahasiswa dan masyarakat umum non akademisi. Tidak sedang mendapatkan fasilitas dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. "Serta tidak terafiliasi dengan lembaga litbang pemerintah daerah serta diusulkan oleh pemerintah kabupaten/kota," ujarnya.

Sedangkan kriteria hasil karya merupakan hasil kreativitas dan inovasi perorangan atau kelompok yang telah diterapkan. Mudah didiseminasikan dan diadopsi masyarakat. Teknologinya dapat diaplikasikan dalam skala rumah tangga, bahan baku yang digunakan berbasis lokal dan ramah lingkungan. Kemudian, skala investasi dan manajemen terjangkau oleh masyarakat. Mempunyai manfaat yang berkelanjutan, serta keberlangsungan dan komersialisasi.

Adapun tema Lomba Krenova tahun 2018, meliputi agrobisnis dan pangan, energi, kehutanan dan lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, kesehatan obat-obatan dan kosmetika, pendidikan, rekayasa teknologi dan manufaktur, kerajinan dan industri rumah tangga, serta Sosial.

Untuk Lomba Krenova 2018 ini akan dipilih enam peserta sebagai pemenang. Yakni juara I, II, III, harapan I, harapan II, dan harapan III. Panitia telah menyediakan hadiah total hadiah sebesar Rp 9 juta dan piagam penghargaan.

Sementara itu, tata cara mengikuti lomba KRENOVA 2018 ini, peserta menyerahkan proposal rangkap dua beserta CD ditujukan kepada Bupati Kebumen up Kepala BAP3DA Kabupaten Kebumen C/q Kabid Litbang, Jalan Veteran Nomor 2 Kebumen. Dengan batasan waktu paling lambat pada tanggal 20 Maret 2018. Adapun kontak person yang bisa dihubungi terkait lomba tersebut adalah 0287-381570, Ika (WA 082226603650) dan Izza (WA 082325661038) atau datang sendiri di Bidang Litbang BAP3DA Kabupaten Kebumen.Atau informasi lebih lengkap bisa dilihat di penduan Krenova. File dapat diunduh di website resmi BAP3DA www.bappeda.kebumankab.go.id.(adv)
Powered by Blogger.