Header Ads

Ratusan Siswa Taekwondo Kebumen Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

www.inikebumen.net GOMBONG - Sebanyak 200 siswa Taekwondo Indonesia Kabupaten Kebumen mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) di GOR SMK Neger 1 Gombong, belum lama ini. Para Taekwondoin yang mengikuti UKT terdiri dari berbagai tingkatan. Mulai dari sabuk putih, kuning dan hijau hingga merah.

Ratusan Siswa Taekwondo Kebumen Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat
Para siswa Taekwondo saat mengikuti ujian kenaikan tingkat di GOR SMK Negeri 1 Gombong.
Acara UKT yang digelar sejak Minggu (18/2) pagi ini dihadiri para Pengurus Kabupaten Taekwondo Indonesia (Pengkab TI) Kabupaten Kebumen, pelatih (sabeum), sesepuh Taekwondo Kebumen, para atlet, hingga pemerhati olah raga Taekwondo.

Dalam ujian UKT kali ini, Pengkab TI Kabupaten Kebumen mendatangkan penguji nasional pemegang Dan V Kukkiwon, yang Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia Jateng, Siti Rochmah.

Siti Rochmah, menjelaskan dalam pelaksanaan ujian kenaikan, berdasarkan tingkatan dari sabuk putih hingga sabuk merah. Para peserta tersebut dinilai berdasarkan ketepatan jurus dan gerakan.

"Untuk penilaiannya tergantung tingkat sabuk. Ujian yang dari sabuk putih sampai sabuk merah ini sudah disesuaikan materinya, hingga ada pada bagian pecah papan," jelas Siti Rochmah.

Ketua Pengkab Taekwondo Indonesia Cabang Kebumen, Yanie Giat Setyawan, mengungkapkan Pengkab TI Kabupaten Kebumen sudah dua kali melaksanakan ujian kenaikan tingkat selama kepengurusan 2017-2021.

Selain ujian kenaikan tingkat, kata dia, kegiatan kali ini juga dilakukan penilaian dari para pelatih. "Untuk melihat kesiapan dari para atlet mengikuti Popda Kabupaten Kebumen tahun 2018," terang Yani, didampingi Sekretaris Pengkab TI Kebumen, Nur Wahyudi.

Ia menambahkan, kegiatan ujian kenaikan tingkat kali ini bertujuan untuk mempersiapkan atlet-atlet Taekwondo Kebumen dalam ajang kompetisi yang akan diikuti. Yaitu dalam waktu dekat akan diadakan seleksi Pekan Olah Raga Pelajar Tingkat Kabupaten Kebumen pada Tanggal 1-2 Maret 2018. Kemudian, seleksi Pekan Olah Raga Pelajar Tingkat eks Karesidenan Kedu pada 16 17 Maret 2018.
   
Untuk diketahui, Pengkab TI Kebumen masa bakti 2017-2021 dilantik pada 10 November 2017 di GOR Karanganyar. Dalam kepengurusan yang baru ini ada semangat baru dari segenap stakeholder Taekwondo Kebumen untuk memasyarakatkan Taekwondo di Kabupaten Kebumen.

Nur Wahyudi menambahkan, pengenalan Taekwondo dilakukan melalui berbagai even, salah satunya adalah melalui UKT. Dalam aturan organisasi boleh melaksanakan UKT minimal empat bulan sekali sesuai dengan kebutuhan.

Hingga saat ini tercatat lebih dari sekitar 700 anggota Taekwondo Kebumen yang terdaftar sebagai anggota. "Target hingga akhir tahun 2021 bisa mencapai 3000 anggota yang terdaftar dan mempunyai prestasi di level Provinsi," tutupnya.(*)

Powered by Blogger.