Gali Potensi Lokal, SMAN 1 Kebumen Kirimkan Siswanya ke Desa Terpencil

www.inikebumen.net KEBUMEN - Mulai tahun ini SMA Negeri 1 Kebumen mewajibkan siswanya untuk terjun langsung ke masyarakat yang berada di pelosok pedesaan. Hal ini dilakukan agar para pelajar dari sekolah favorit tersebut lebih mengenal potensi dari desa-desa yang ada di Kabupaten Kebumen.

Gali Potensi Kebumen, SMAN 1 Kebumen Kirimkan Siswanya ke Desa Terpencil
Kepala SMA Negeri 1 Kebumen, Rachmat Priyono.
"Ini program kesiswaan, agar para siswa belajar langsung di lingkungan masyarakat. Sehingga mereka akan tahu potensi ekonomi, sosial dan budaya masyarakat," kata Kepala SMA Negeri 1 Kebumen, Rachmat Priyono, didampingi Waka Humas Slamet Pramono.

Rachmat Priyono, mengatakan meski saat ini SMA Negeri 1 Kebumen langsung berada dibawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, namun pihaknya akan menjalin hubungan baik Pemerintah Kabupaten Kebumen.

"Salah satunya dengan kegiatan field trip terjun langsung ke masyarakat ini. Anak-anak SMA 1 (Kebumen) akan mengeksplore berbagai potensi yang ada di desa. Kemudian mereka akan ikut membantu mengenalkannya kepada masyarakat umum," terangnya.

Menurutnya, kegiatan field trip ini wajib bagi kelas 10. Mereka akan menginap di rumah-rumah warga selama empat hari tiga malam, untuk mengetahui berbagai aktifitas masyarakat. "Jadi anak-anak akan menyatu dengan masyarakat, tinggal bersama ikut aktifitas dari tuan rumah itu. Mulai dari hulu hingga hilir," ujarnya.

Sedangkan, lokasi yang akan jadi sasaran program tersebut, pihaknya akan mengirim anak-anak yang selama ini tinggal di wilayah pantai akan ditempatkan di wilayah pegunungan. Sebaliknya, bagi anak-anak yang tinggal di pegunungan akan mendapat tugas di desa-desa yang berada di pesisir. "Kita akan kerjasama dengan Muspika dan kepala desa," ucapnya.

Kemudian, setelah selesai kegiatan peserta field trip wajib menulis kegiatannya dalam karya ilmiah. Tak hanya itu, mereka juga diwajibkan mendokumentasikan aktifitasnya dan mengenalkan kepada masyarakat. "Harapannya setelah kegiatan ini, akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Kebumen," imbuhnya.

Program field trip merupakan gagasan dari Kepala SMA Negeri 1 Kebumen, Rachmat Priyono. Pria 50 tahun ini dilantik menjadi Kepala SMA Negeri 1 Kebumen, pada 2 Januari 2018. Kemudian sertijab pada 11 Januiar dan efektif melaksnakan tugasnya mulai 12 Januari 2018. Sebelumnya, Rachmat Priyono, menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 2 Kebumen, sejak 2012. SMA Negeri Gombong (2000-2010), SMA Negeri Kutowinangun (2010-2011), dan SMA Negeri Karangsambung (2011-2012).(*)
Powered by Blogger.