Jadi Tuan Rumah Pesta Siaga Korwil Kedu, Kebumen Gagal Pertahankan Juara Umum

www.inikebumen.net KEBUMEN - Meski menjadi tuan rumah, Kabupaten Kebumen gagal mempertahankan gelar juara umum dalam ajang Pesta Siaga Pramuka tingkat Koordinator Wilayah (Korwil) Kedu tahun 2018.

Jadi Tuan Rumah Pesta Siaga Korwil Kedu, Kebumen Gagal Pertahankan Juara Umum
Tari cepetan dari sejumlah sekilah dasar di Kebumen tampil pada pembukaan Pesta Siaga Korwil Kedu di lapangan Setda Kebumen, Sabtu 24 Maret 2018.
Dalam kegiatan yang dipusatkan di komplek Sekretariat Daerah (Setda) Kebumen, Sabtu 25 Maret 2018 itu, kontingen Kebumen hanya berhasil menduduki peringkat ketiga untuk barung putra. Sedangkan, barung putri harus menelan kekalahan.

Juara umum tahun ini direbut oleh kontingen dari Kabupaten Wonosobo. Hal ini lantaran, dua barung putra dan satu barung putri yang dikirimkan berhasil menjadi juara.
Kontingen Wonosobo berhasil menyisihkan kontingen dari lima kabupaten/kota yang ada di Korwil Kedu. Yaitu, Purworejo, Wonosobo, Kabupaten Magelang, Temanggung, Kota Magelang dan Kabupaten Kebumen.

Atas prestasinya ini, Kabupaten Wonosobo pun berhak mengikuti Pesta Siaga tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah. Adapun yang berhasil menjadi juara pada Pesta Siaga Korwil Kedu tahun ini, yaitu Barung Putra juara 1 Wonosobo, juara 2 Wonosobo dan juara 3 Kebumen. Kemudian, Barung Putri, juara 1 Purworejo, juara 2 Temanggung dan juara 3 Wonosobo.

"Total keseluruhan barung yang mengikuti pesta siaga ini ada 36 barung putra dan putri dari enam kabupatan dan kota se eks Karesidenan Kedu," kata Sekretaris Kwarcab Kebumen, Edi Sukamsi.

Edi Sukamsi menjelaskan, peserta yang mengikuti Pesta Siaga tingkat Korwil Kedu itu merupakan yang berhasil menjadi barung tergiat pada Pesta Siaga di masing-masing Kwarcab Kebumen.

Sementara itu, Pesta Siaga Korwil Kedu yang digelar seharian itu dibuka oleh istri Wakil Bupati Kebumen Zuhro Yazid Mahfudz. Dalam sambutannya, Zuhro Yazid Mahfudz, menyampaikan pesan agar menjadikan pesta siaga sebagai media untuk menjalin persahabatan dan persaudaraan. Sekaligus untuk mengukir prestasi serta berbangga menjadi Pramuka. Hadir pada acara pembukaan, Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, serta pengurus Kwarcab Pramuka se Korwil Kedu.(*)
Powered by Blogger.