Pemkab Kebumen Kembali Gelar Riset Unggulan Daerah

www.inikebumen.net KEBUMEN - Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAP3DA) Kabupaten Kebumen kembali menyelenggarakan Riset Unggulan Daerah (RUD). Pendaftaran 2018 dibuka mulai 26 Maret-26 April 2018.
Pemkab Kebumen Kembali Gelar Lomba Riset Unggulan Daerah
Ilustrasi
Kepala Bidang Litbang BAP3DA Kebumen, Bekti Hidayat, menjelaskan seleksi lomba riset unggulan daerah tersebut akan dilakukan secara terbuka. Riset unggulan daerah merupakan kegiatan yang mewadahi para peneliti dalam melakukan penelitian daerah secara individu maupun kelompok.

Kegiatan tersebut untuk menemukan atau mengembangkan karyanya secara nyata dalam rangka mengoptimalkan potensi dan kemampuan daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Keberadaan dan peran riset dan kajian menjadi sangat penting dan strategis pula. Peran riset dan kajian diharapkan mampu memberikan berbagai rekomendasi sebagai rujukan bagi pemerintah daerah dalam mengukur efektifitas kebijakan. Baik dari sisi rumusan, perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi kebijakannya," terang Bekti Hidayat, Selasa 27 Maret 2018.

Bekti membeberkan, program  riset unggulan daerah untuk meningkatkan peran dan kontribusi masyarakat. Baik secara individu maupun kelompok dan lembaga-lembaga penelitian yang ada dalam membantu memecahkan berbagai permasalahan pembangunan di Kabupaten Kebumen.

"Ini untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam perumusan program dan kebijakan layanan publik. Serta upaya penyelesaian masalah- masalah pembangunan daerah," ujarnya.

Setidaknya ada enam tema pada riset unggulan daerah tahun ini. Yang pertama, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lama Tinggal Wisatawan di Kabupaten Kebumen. Ruang lingkup meliputi identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi lama tinggal wisatawan, serta strategi untuk meningkatkan angka lama tinggal wisatawan di Kabupaten Kebumen.

Kedua, Multiplier Effect Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Kebumen. Lingkup kegiatan riset ini meliputi pengkajian efek-efek pengganda yang terjadi di Kabupaten Kebumen dengan adanya pengembangan pariwisata.

Ketiga, Model Pola Kemitraan Pemerintah Kabupaten Kebumen dengan Masyarakat dalam Pengembangan Potensi Pariwisata di Kecamatan Ayah. Lingkup riset ini adalah melakukan analisa terhadap pola kemitraan pengembangan dan pengelolaan kawasan obyek wisata di pesisir pantai selatan Kecamatan Ayah terdiri dari Desa Ayah, Argopeni, Srati, Karangduwur dan Pasir. Sehingga ditemukan pola kemitraan yang ideal.

Keempat, Tinjauan Sosiologis, Fenomena LGBT di Kabupaten Kebumen. Lingkup riset ini meliputi pemetaan daerah riset, pengumpulan dan analisa data yang terkait fenomena LGBT yang berkembang di Kabupaten Kebumen. serta penyusunan rekomendasi solusi strategis dalam menangani persoalan LGBT.

Kemudian, kelima Dampak Bonus Demografi dan Upaya Optimalisasinya di Kabupaten Kebumen. Lingkup riset ini, meliputi penentuan obyek riset, pengumpulan dan analisa data kependudukan yang terkait dengan bonus demografi, dan penyusunan formulasi langkah strategis dalam mengoptimalkan bonus demografi di Kabupaten Kebumen.

Kemudian, Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Lingkup riset ini yakni membuat inovasi dalam upaya pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Baik itu dalam tahap pengurangan volume sampah dari hulu maupun dalam metode penanganan sampah. serta membuat model pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang bisa di aplikasikan di Kabupaten Kebumen.

Ia menjelaskan, peneliti yang ingin mengikuti riset ini harus memenuhi persyaratan bahwa peneliti/lembaga peneliti memiliki NPWP, rekening bank, dan mengajukan proposal secepatnya. Adapun tahapan riset, meliputi pendaftaran 26 Maret–26 April 2018, penjelasan penyusunan proposal 18 April 2018, seleksi administrasi 2 Mei 2017, pengumuman hasil seleksi administrasi 3 Mei 2017.

Seleksi proposal 8-15 Mei, pengumuman nominasi pemenang 17 Mei, paparan pembahasan proposal 29 Mei - 4 Juni, dan pengumuman calon pemenang 28 Mei. Penyempurnaan proposal penelitian 29 Mei-4 Juni, sedangkan penetapan pemenang 6 Juni 2017.

Kemudian penandatanganan perjanjian kerjasama 11 Juni, yang disusul pelaksanaan penelitian pada 11 Juni-13 Okt 2017. Pembahasan laporan pendahuluan 17 Juli, pembahasan laporan antara 29 Agustus, pembahasan laporan akhir 3 Oktober, seminar publikasi hasil RUD 16 Oktober. Adapun penyerahan hasil penelitian 17 Oktober serta proses pencairan dana pada 1-20 November 2018.

Lebih jauh Bekti meminta kepada para peneliti, Lembaga Penelitian, Perguruan Tinggi maupun masyarakat. Baik secara kelembagaan maupun perorangan untuk berpartisiapasi mengikuti seleksi Riset Unggulan Daerah. Dengan membuat Proposal Penelitian yang dikirim Kepada BAP3DA Kebumen cq Bidang Litbang, paling lambat 26 April 2018.

Bagi pemenang seleksi proposal RUD akan disediakan bantuan Rp 126 juta yang diperuntukkan untuk 6 tema. Dimana masing-masing tema bantuannya sebesar Rp 21 juta.

Pengumuman dan Kerangka Acuan Kerjanya dapat diperoleh di Bidang Litbang BAP3DA Kabupaten Kebumen, atau dapat diunduh di  www.kebumenkab.go.id atau www.bappeda.kebumenkab.go.id. Contact Person: Ika Fitriani (082226603650) dan Nur Azizah Latifah (0895358481515).(*)
Powered by Blogger.