Setelah Davizioso, Giliran Xavi Fores Dibantu Pemuda Kebumen ini

www.inikebumen.net THAILAND - Pekan lalu seorang pemuda Kebumen bernama Mugiyono membuat heboh para pengguna media sosial (medsos). Pemilik akun facebook Nathania Mugiyono ini mengunggah foto dan video dirinya saat tengah menyetel helm yang hendak digunakan pembalap MotoGP dari tim Ducati, Andrea Davizioso.
Setelah Davizioso, Giliran Xavi Fores Dibantu Pemuda Kebumen ini
Mugiyono, saat menyetel helm milik Davizioso (foto: istimewa)
Beruntungnya, meski memulai start dari posisi ke-5, Davizioso berhasil memenangkan balapan di Losail International Circuit, Qatar. Seketika foto dan video Nathania Mugiyono menjadi viral.

Kiprah Mugiyono menyetel helm bagi pembalap ternyata tak hanya di ajang MotoGP. Pekan ini di ajang World Superbike, Thailand, giliran Mugiyono menyetel helm yang digunakan Xavi Fores, pembalap dari tim Ducati juga.

Pada race 1 yang berlangsung Sabtu 24 Maret 2018, Xavi Fores berhasil meraih podium kedua. Sementara untuk race 2 pada hari Minggu 25 Maret 2018, Xavi hanya mampu meraih posisi ke-5, sehingga gagal meraih podium.

Namun hasil balapan di Buriram United International Circuit, Thailand ini membawa pengaruh signifikan bagi Xavi Fores dalam klasemen World SBK. Pembalap Spanyol yang semula menempati posisi ke-4 usai seri pertama di Australia. Kini naik satu strip menjadi posisi ke-3 dengan nilai 60, sekaligus mempertipis selisih poin dengan pembalap satu timnya Marco Melandri yang meraih poin 67.

Kepada inikebumen.net, pemuda kelahiran 24 Juni 1983 ini menjelaskan bila sejak tahun 2010 mulai menekuni pekerjaan penyetelan helm untuk pembalap.
Setelah Davizioso, Giliran Xavi Fores Dibantu Pemuda Kebumen ini
Mugiyono, saat menyetel helm milik Xavi Fores (foto: istimewa)
"Saya bekerja di bagian engineering PT Tarakusuma Indah, produsen helm merk KYT," terangnya, Minggu petang.

Pada tahun 2014, perusahaaan ini mengakuisisi merek helm asal Italia, Suomy. Helm inilah yang digunakan Andrea Doviozoso dalam MotoGP 2018. Itu pula yang membuat pekan lalu Mugiyono berada di Qatar.

Mugi menjelaskan bagaimana kenyamanan helm yang dipakai juga bisa mempengaruhi performa pembalap.

“Kenyamanan helm itu sangat ditentukan oleh ukurannya yang mencakup dua hal, yaitu crown padding atau busa untuk kepala dan cheek pading atau busa untuk pipi,” jelasnya.

Sering berinteraksi dengan dunia balap motor membuat Mugi punya harapan, suatu saat ada putra Kebumen khususnya dan Indonesia pada umumnya, bisa ikut balapan di Moto3, Moto2 dan MotoGP.(kj)
Powered by Blogger.