Turonggo Langgeng Budoyo Sruweng Pentas di Taman Mini

www.inikebumen.net JAKARTA - Paguyuban Ebleg Turonggo Budoyo Desa Karanggedang Kecamatan Sruweng, berhasil memukau ratusan pengunjung Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur. Turonggo Langgeng Budoyo pimpinan Ngadimin, ini pentas di Taman Mini pada Minggu 25 Maret 2018.
Turonggo Langgeng Budoyo Sruweng Pentas di Taman Mini
Turonggo Langgeng Budoyo saat tampil di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.
Pementasan Swadaya Ebleg Turonggo Langgeng Budoyo itu selain dalam rangka pameran produk Unggulan Jawa Tengah. Juga dalam rangka reuni Alumni SMP Negeri 2 Karanganyar, yang konon sudah 34 tahun tidak pernah berjumpa.

Ketua Dewan Kesenian (DKD) Kabupaten Kebumen, Pekik Sat Siswonirmolo,  mengapresiasi pada Turonggo Langgeng Budoyo yang sukses menggelar pentas di TMII tersebut. "Ini menunjukkan adanya tekad semangat kemandirian yang luar biasa, untuk turut nguri-uri kesenian Ebleg Kebumen," kata Pekik, yang turut mendampingi rombongan Turonggo Langgeng Budoyo ke TMII.

Suwignyo, warga Desa Karanggedang, yang juga donatur penyelenggaraan acara tersebut mengatakan pentas Turonggo Langgeng Budoyo sebagai lawatan budaya. Sekaligus sebagai ajang silsturahmi sekitar 100 orang alumni SMP Negeri 2 Karanganyar yang sudah 34 tahun tidak ketemu.

"Untuk pendanaan penyelenggaraan berasal dari swadaya komunitas, beberapa alumni yang terpilih, donatur dan juga sponsor," ujarnya. Suwignyo berharap dengan pagelaran di TMII, akan menjadikan kesenian ebleg Turonggo Langgeng Budoyo semakin eksis.

Untuk latihan persiapan pagelaran Ebleg Turonggo Langgeng Budoyo ke TMII dilaksanakan di halaman Dinas Pendidikan Kebumen. Yang juga peralatannya difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kebumen.

Tampak hadir menyaksikan pagelaran, dari Paguyuban Jawa Tengah yang berasal Kebumen Brigjen Polisi Purnawirawan Eddy Murdiyono, Bambang Ris dari Iwakk Walet Emas, perwakilan  dari Dinas Pendidikan Kebumen, Kepala Desa Karanggedang, warga Karanggedang di Jakarta. Serta ratusan pengunjung anjungan Jawa Tengah pecinta kesenian ebleg di Kebumen.(*)
Powered by Blogger.