Ingin Dapat Beasiswa Baznas Kebumen? Syaratnya, Harus Lancar Baca Alquran - ini kebumen | Media Rujukan Kebumen

Ingin Dapat Beasiswa Baznas Kebumen? Syaratnya, Harus Lancar Baca Alquran

www.inikebumen.net KEBUMEN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kebumen, tahun ini kembali memberikan beasiswa untuk siswa miskin berprestasi. Bahkan alokasinya dinaikan dari tahun lalu, yakni mencapai Rp 1,4 miliar. 

Ingin Dapat Beasiswa Baznas Kebumen? Syaratnya, Harus Lancar Baca Alquran
Ilustrasi
Ketua Panitia Seleksi Beasiswa Baznas Kebumen, Ahmad Sahli Syam, mengatakan, Beasiswa Baznas yang diberikan kepada penerima bersifat tuntas yakni diberikan selama enam semester untuk pelajar SMA/SMK/MA.

"Agar-agar anak-anak lebih fokus belajar dan orangtua mereka juga lebih tenang terkait dengan pembiayaan sekolah," terang Ahmad Sahli Syam, Selasa 3 April 2018.

Ia menjelaskan, beasiswa Baznas kali ini merupakan tahun kedelapan. Tahun 2011 jumlah beasiswa diberikan kepada tiga orang senilai Rp 21 juta, lalu bertambah menjadi 25 orang di tahun 2012 senilai Rp 112,5 juta lebih.

Kemudian tahun 2013 menjadi 33 orang senilai Rp 121,8 juta lebih, 54 orang di tahun 2014 senilai Rp 154 juta, 61 orang pada 2015 senilai Rp 294 juta. Pada tahun 2016 diberikan pada 75 orang senilai Rp 350 juta, sedangkan pada 2017 lalu diberikan kepapda 211 penerima senilai Rp 1,348 miliar.

Berbeda dengan tahun lalu, beasiswa tahun ini tidak diberikan kepada siswa miskin yang bersekolah di SMA/SMK/MA mulai dari kelas 10 hingga kelas 11. "Jadi yang boleh mendaftar yang masih duduk di bangku kelas 9 SLTP dan kelas 12 SLTA. Tidak lagi ada beasiswa untuk kelas 10 atau kelas 11 saja," terang pria yang juga pimpinan Baznas Kebumen periode 2015-2020 ini.

Sahli Syam, menjelaskan selain beasiswa untuk SLTA, Baznas Kebumen juga memberikan beasiswa untuk kader dakwah, tahfidz Alquran dan sarjana umum. Untuk ketiga kategori ini akan mendapat beasiswa sebesar Rp 10 juta. "Untuk kader dakwah syaratnya harus pernah mengabdi di TPQ," ujarnya.

Persyaratannya lainnya, calon peserta wajib lolos seleksi administratif, seleksi tertulis, wawancara  hingga bisa membaca Alquran. Setelah itu survei oleh tim seleksi dari pengurus Baznas Kebumen. "Kalau pada seleksi baca Alquran ternyata tidak bisa, maka secara otomatis dinyatakan tidak lulus," tegasnya.

Ia menegaskan, seleksi beasiswa bagi siswa miskin berprestasi dengan tujuan membantu siswa berprestasi yang ingin melanjutkan pada jenjang SMA/sederajat atau perguruan tinggi yang mengalami kendala pembiayaan.

"Dengan pemberian beasiswa, Baznas memberikan kesempatan pelajar dari keluarga kurang mampu yang berprestasi agar bisa menempuh mendidikan lebih tinggi,” tandasnya.(*)
Powered by Blogger.
}); })(jQuery); //]]>