SRMB Kebumen Pentas "Jago Tengsiang" Sampai ke Semarang

www.inikebumen.net SEMARANG - Setelah sukses menggelar pentas di Kebumen, Sekolah Rakyat Melu Bae (SRMB) kembali mementaskan "Jago Tengsiang" di Taman Budaya Raden Saleh Semarang, Sabtu 28 April 2018.
SRMB Kebumen Pentas "Jago Tengsiang" Sampai ke Semarang
Salah satu adegan pementasabn Jago Tengsiang di Taman Budaya Raden Saleh Semarang, Sabtu 28 April 2018.
SRMB mewakili Kabupaten Kebumen pada Festival Pertunjukan Rakyat Forum Komunikasi Media Tradisional Provinsi Jawa Tengah 2018, yang diselenggarakan oleh Diskominfo Jawa Tengah.

Pementasan teater tersebut mengangkat cerita Jago Tengsiang, disutradarai Pekik Sat Siswonirmolo, dengan pemain Pitra Suwita, Pekik, Dalwan Darmawan Riyadi, Sudaryono Cengkim. Selain juga didukung lima orang penari, yakni Arum, Wiwied, Vera, Ari Setyowati dan Esti Kurniawati. Untuk garapan musik dipercayakan pada Nurrokhim, Dodot Suryo Handaru, Sudiantoro, Bandiyo Sriyono dan Sujatmiko. sedangkan garapan tari oleh Sutarjo.

Duta Kabupaten Kebumen tersebut berangkat ke Semarang pada Jumat malam 27 April 2018 dilepas dari Balai Kelurahan Kebumen oleh Lurah Kebumen Dede Suntoro. Rombongan sebanyak 25 personil, yang terdiri dari 5 orang penari, 4 orang aktor, 6 orang pemusik, dan 5 orang kru.

Jago Tengsiang, mengisahkan setiap menjelang masa pemilihan kepala daerah, akan muncul para pengusung calon jago kepala daerah. Mereka mempromosikan calon yang dijagokan.

Mereka akan bersaing dengan berbagai cara untuk mengkampanyekan jago masing-masing. Tidak menutup kemungkinan munculnya penyebaran ujaran kebencian (hoaks) dan fitnah tehadap calon. Diperlukan adanya upaya untuk mengingatkan warga masyarakat, meski jago yang diusung berbeda, tidak kemudian menjadi saling bermusuhan. Mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Sehingga terlaksana pemilu damai, yang mesti becik tur nyenengke.

Ketua FK Metra Kabupaten Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo, menyampaikan bahwa keikutsertaan Kebumen pada even tersebut merupakan yang pertama kali. Pada Festival itu digelar sejak 10 tahun lalu.(*)
Powered by Blogger.