Mensos: Keberadaan PKH Sangat Penting untuk Membantu Masyarakat Miskin

www.inikebumen.net JAKARTA - Menteri Sosial Idrus Marham mengugkapkan Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemerintah yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan mendasar bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Mensos: Keberadaan PKH Sangat Penting untuk Membantu Masyarakat Miskin
Menteri Sosial RI Idrus Marham
"PKH adalah salah satu program prioritas nasional dalam penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Keberadaannya sangat penting dalam membantu masyarakat miskin untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak dan mendasar," katanya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional PKH di Jakarta, Rabu malam (2/5).

Mensos mengatakan kebutuhan mendasar adalah kebutuhan yang jangkauannya jauh ke depan. Misalnya infrastruktur, hasilnya tidak bisa langsung dilihat saat program itu dicetuskan karena ini menyangkut penataan. Hasilnya harus dilihat jauh ke depan.

"Contoh lain adalah Revolusi Mental. Ini  perlu waktu yang panjang. Upaya itu sudah kita lakukan sekarang dan prosesnya akan terus berjalan hingga manfaatnya kelak dirasakan generasi penerus kita," terangnya.

Sementara PKH untuk memenuhi kebutuhan mendesak adalah program yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari yg mendesak. Misal sandang, pangan dan kesehatan.

"Dengan adanya PKH dalam pemenuhan kebutuhan dasar dan mendesak, maka diharapkan dapat menjadi stimulan u tuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Mensos dihadapan para kepala dinas sosial, kepala dinas pendidikan dan kepala dinas kesehatan dari seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan PKH sebagai epicentrum dalam penanggulangan kemiskinan PKH, turut berkontribusi dalam pengurangan angka kemiskinan dan penurunan kesenjangan di Indonesia.

"Hal ini karena penerima PKH juga merupakan penerima beragam bantuan sosial dan subsidi lainnya. Di antaranya Beras Sejahtera, Bantuan Pangan Non Tunai, Program Indonesia Sehat dan Program Indonesia Pintar," terang Dirjen.

Seperti diketahui PKH adalah  program pemberian uang bantuan sosial kepada  keluarga sangat miskin dan rentan berdasarkan  persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya.

Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH  dengan target 6 juta Keluarga Miskin pada tahun  2017 dan menjadi 10 juta KPM pada tahun 2018.

Dirjen mengatakan Rapat Koordinasi Nasional PKH 2018 menjadi momentum dalam rangka memastikan pelaksanaan PKH efektif mengurangi kemiskinan dan  kesenjangan sosial, sehingga keadilan sosial untuk semua dapat diwujudkan.

Tujuan Rakornas PKH adalah mensosialisasikan kebijakan PKH tahun 2018  bagi seluruh pelaksana PKH dan  stakeholders terkait, memperkuat koordinasi Pemerintah Pusat  dan Pemerintah Daerah dalam implementasi PKH, membangun komitmen dan dukungan bagi penyelenggaraan PKH khususnya Pemerintah Kabupaten/Kota PKH.

Sejumlah agenda penting dalam Rakornas PKH 2018 adalah Dialog Nasional tentang PKH dengan narasumber Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, dan Menteri Sosial.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan empat nota kesepahaman antara Kementerian Sosial dengan para stakeholder PKH. Yakni antara Kementerian Sosial dengan Yayasan Bina Swadaya tentang Pemberdayaan Sosial KPM PKH, Kementerian Sosial dengan PT Kasandra Persona Prawacana Peningkatan Parenting Skill bagi KPM PKH Melalui SDM Pelaksana PKH, Kementerian Sosial dengan Usaha Kecil Menengah Industri Kecil Menengah (UKM IKM) Nusantara tentang Pemberdayaan Sosial KPM PKH, serta nota kesepahaman dengan Yayasan Dharma Gantari tentang Sosialisasi PKH.

Disela-sela Rakornas PKH, Menos menobatkan 3 perempuan sebagai Duta PKH. Mereka adalah Cici Gunarsih, Kasandra Putranto, Dikna Faradiba Maharani. Penobatan ditandai dengan penyerahan sertifikat dan penyematan selendang Duta PKH kepada ketiganya.

Cici Gunarsih adalah anak dari KPM PKH tahun 2018 yang memiliki berbagai prestasi dalam bidang kesenian. Ia merupakan Duta Liga Gangdut Indosiar dari Provinsi Sulaweai Barat tahun 2018. Kini ia berprifesi sebagai penyanyi dan menjalani kuliah semester 2.

Kasandra Putranto adalah ibu 3 anak yang merupakan wanita karier yang berprofesi sebagai Psikolog Klinis dan Forensik. Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini juga piawai menyanyi.

Dikna Faradiba Maharani adalah Top 5 Miss Tourism International 2016/2017 di Kuala Lumpur yang saat ini menjabat sebagai President Miss Grand Indonesia.

"Sebagai Duta PKH mereka melakukan sosialisasi dan advokasi PKH, memberi motivasi dan meningkatkan kompetensi KPM PKH, mempromosikan produk hasil usaha KPM PKH, dan mendorong partisipasi masyarakat dan kepedulian untuk meningkatkan kesejahteraan sosial," terang Dirjen.

Kegiatan ini diikuti para Bupati dan Wali Kota, Kepala Dinas Sosial Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Eselon I dan II Kementerian Sosial, Eselon I dan II Kementerian / Lembaga terkait, HIMBARA, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Dewan Nasional Keuangan Inklusif. Mitra Kerja internasional yakni Bank Dunia, GIZ, DFAT, Save the children, UNICEF, WFP, ADB. Mitra Kerja Nasional yakni UMKM Nasional, Bina Swadaya Masyarakat,  Kasandra Association, Yayasan Grand Putri Indonesia, dan Duta PKH.(*)

Powered by Blogger.